17 April 2018

by Bambang Winarso

Bermodalkan Kamera Papan Atas, Sony Xperia XZ2 Premium Resmi Tiba

Kamera utama Sony Xperia XZ2 Premium menggunakan konfigurasi 19MP + 12MP

Sony mengawali tahun 2018 dengan meluncurkan dua smartphone andalannya, Xperia XZ2 dan XZ2 Compact, keduanya berbekal dapur pacu chipset Snapdragon 845. Tak menunggu lama, hanya berselang dua bulan, Sony kembali meluncurkan smartphone papan atas lainnya, Xperia XZ2 Premium dengan sejumlah peningkatan signifikan. Sektor kamera menjadi fokus Sony, keputusan yang cermat kendati bukan kejutan.

Pabrikan asal Jepang itu mengatakan bahwa smartphone-nya ini memiliki kamera yang mampu menangkap video di ISO 12.800, ISO tertinggi yang pernah dan mampu direkam oleh smartphone. Perangkat juga diklaim dapat mengambil foto dengan ISO 51,200. Dengan performa ISO sedemikian tinggi, XZ2 Premium punya kemampuan untuk menjepret objek di kondisi yang sangat gelap, meskipun konsekuensinya menghasilkan noise digital yang signifikan.

Secara teknis ponsel ini memiliki pengaturan kamera belakang ganda 19MP RGB Exmor RS + 12MP Monokrom yang mendukung Motion Branding dari Sony dengan prosesor gambar fusi AUBE. Seperti ponsel high-end Huawei, Sony juga menawarkan mode hitam-putih, dan efek bokeh yang sempurna. Sebagaimana XZ2, Xperia XZ2 Premium juga mampu merekam video gerak lambat beresolusi 1080p pada 960 frame per detik. Sementara itu di bagian depan, Sony Xperia XZ2 Premium membawa kamera 13MP Exmor RS dengan display flash.

Berbasis Android Oreo, Sony Xperia XZ2 Premium menayangkan video dan foto apik lewat layar TRILUMINOS 5,8 inci yang menawarkan resolusi 2160 x 3840 piksel dan ditutupi oleh Gorilla Glass 2.5D. Yang disayangkan, Sony masih terpaku pada rasio 16:9 ketimbang mengikuti trend layar penuh 18:9. Beruntung untuk mengimbangi performa kamera, Sony membenamkan chipset kelas atas Snapdragon 845 yang diduetkan dengan RAM sebesar 6GB. Di belakang, duduk baterai sebesar 3.450mAh yang akan menopang daya seluruh komponen.

Smartphone yang mengantongi sertifikat IP65/68 ini dijadwalkan tersedia mulai musim panas ini dalam balutan warna Chrome Black atau Chrome Silver. Harga jualnya belum diumumkan, namun berkaca pada kemampuannya, kemungkinan besar XZ2 Premium ini akan jadi smartphone paling mahal Sony di tahun 2018.

Sumber berita SonyMobile.