Pertama kali diperkenalkan di tahun 90-an, soundbar ialah varian speaker dengan rancangan melebar. Ada dua alasan mengapa produsen menggunakan arahan seperti ini: untuk mengop-timalkan ruang akustik, dan juga membuatnya pas diposisikan di bawah layar. Bagi Samsung, soundbar merupakan salah satu elemen penting penunjang sistem home theater yang mereka tawarkan.

Pada tanggal 12 Juli 2017 kemarin, sang raksasa elektronik asal Korea Selatan itu resmi memperkenalkan anggota baru dari lineup Sound+, yakni MS750 Sound+. Sebagai model flagship, MS750 Sound+ dijanjikan mampu mendongkrak kualitas penyajian home theater dengan perluasan pada sound stage, sehingga seolah-olah Anda berada di dalam film atau konser, meskipun loudspeaker hanya terdiri dari satu bagian.

Samsung MS750 Sound+ 2

MS750 Sound+ memiliki wujud seperti balok hitam. Samsung belum menyingkap rincian ukurannya, namun berdasarkan gambar-gambar yang telah dipublikasi, desain soundbar ini terbilang minimalis dan elegan untuk ditaruh di bawah HDTV kebanggaan Anda. Menariknya lagi, MS750 Sound+ dapat diintegrasikan ke TV Samsung, dan selanjutnya kedua perangkat hanya butuh satu kabel sebagai pemasok tenaga. Untuk menyederhanakan proses pengaturan, soundbar bisa dikendalikan via remote Samsung One TV.

Samsung MS750 Sound+ 3

Walaupun tampil sederhana, MS750 Sound+ mampu menghidangkan audio berkualitas ‘ultra-high‘ – didukung tweeter wide-rage, teknologi anti-distorsi, serta keleluasaan kendali speaker. Soundbar mampu menyajikan rentang suara yang luas, dari 600Hz sampai 20kHz.

Samsung MS750 Sound+ 1

Membahas speakernya, Samsung MS750 Sound+ menyimpan tidak kurang dari 11 unit speaker, dengan konfigurasi surround 5-channel. Di dalamnya ada tiga tweeter wide-range, dua tweeter vertical wide-range, dan enam woofer. Soundbar tak lupa dilengkapi beragam teknologi canggih demi membuat bass-nya memiliki efek ‘kedalaman’ sekaligus bertenaga.

Soundbar MS750 Sound+ dibekali fitur upscalling UHD, dan dengannya, teknologi audio 32-bit Ultra High Quality secara otomatis menjaga mutu rekaman. Terdapat pula Smart Sound Mode, yaitu kemampuan mengenal jenis konten hiburan, misalnya film blockbuster, percakapan, musik, atau acara olahraga; kemudian soundbar segera menyesuaikan setting agar output tersuguh optimal. Lalu berkat kemampuan stream HD Audio, musik bisa dimainkan secara wireless via Samsung Multiroom App.

Samsung MS750 Sound+ kabarnya sudah mulai dipasarkan bertepatan dengan dibuatnya pengumuman ini, dijajakan di harga retail US$ 500.

Samsung juga menawarkan Anda kesempatan buat meng-upgrade performa bass sehingga mampu menyuguhkan output serendah 27Hz. Caranya adalah dengan menambahkan subwoofer W700 opsional seharga US$ 700.

Sumber: Samsung.