6 April 2015

by Glenn Kaonang

Soundbrenner Pulse, 'Smartwatch-nya' Para Musisi

Dalam bermusik, tentunya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satu yang sering disepelekan tetapi berperan amat penting adalah tempo. Tempo yang kacau-balau jelas membuat ritme musik tidak nyaman di telinga.

Untuk itulah alat bernama metronom dibuat. Alat ini dirancang agar para musisi dapat menyempurnakan tempo permainannya, dengan bunyi tik-tok yang terus terdengar secara konstan.

Sebagai alat bantu, metronom memang terbukti efektif. Akan tetapi terkadang justru mengganggu perhatian dengan bunyi tik-tok-nya yang terus menerus. Seperti yang kita ketahui, buyarnya konsentrasi ibarat malapetaka bagi seorang musisi.

Sekali lagi kita perlu berterima kasih pada teknologi. Perangkat wearable bernama Soundbrenner Pulse ini ingin mengubah cara pandang kita terhadap sebuah metronom.

Info menarik: Instrument 1 Menyajikan Gitar, Biola Hingga Piano di Satu Instrumen

Melihat bentuknya, sepintas Anda pasti mengiranya sebagai sebuah smartwatch yang dibuat khusus untuk para musisi. Akan tetapi saya kira ia lebih cocok disebut sebagai sebuah smartband, mengingat ia tak dapat menampilkan waktu, ramalan cuaca, atau informasi-informasi lain yang biasa disediakan smartwatch.

Lebih spesifik lagi, Soundbrenner Pulse adalah sebuah metronom yang bisa Anda pakai di lengan atau pergelangan kaki. Ketimbang bersuara secara konstan, ia akan bergetar dengan kekuatan getaran sekitar 3 sampai 6 kali lipat milik smartphone.

Wearable metronome ini akan bergetar sesuai tempo yang Anda set melalui sejumlah ketukan pada layar berdiameter 4,5 cm-nya. Anda juga bisa memutar bezel-nya untuk menyesuaikan seberapa lambat atau cepat tempo yang Anda inginkan.

Bukan smartband namanya kalau ia tak bisa disambungkan dengan smartphone. Melalui aplikasi pendampingnya di Android dan iOS, Anda juga bisa mengatur tempo maupun mengakses fitur Rhythm Exercises dan Smart Music Coach.

Info menarik: Menjadi Raja Musik Electro bersama Pocket Operator, Synthesizer Seukuran Dompet

Namun yang paling menarik adalah kemampuan Soundbrenner Pulse untuk disinkronisasikan satu sama lain. Gampangnya, masing-masing personil dalam grup band Anda bisa mengenakan Soundbrenner Pulse, lalu tempo (getaran) yang dihasilkan akan sama persis satu dengan yang lainnya.

Fitur bernama Multi-Link ini sangat menarik karena, pada dasarnya performa grup band akan apik apabila permainan masing-masing personilnya bisa sinkron, melengkapi satu dengan lainnya. Dengan Soundbrenner Pulse, bisa dipastikan tempo permainan masing-masing personil akan sama dari awal hingga akhir mereka manggung – dengan catatan baterai berdaya 4–5 jam miliknya tidak habis.

Skenario paling mudah yang bisa saya bayangkan adalah seorang drummer mengeset tempo pada Soundbrenner Pulse-nya, kemudian mengaktifkan fitur Multi-Link via aplikasi smartphone agar personil lainnya bisa mengikuti tempo yang telah ditetapkan.

Soundbrenner Pulse masih perlu memenuhi kampanyenya di Indiegogo sebelum bisa merevolusi aktivitas jamming berbagai grup band. Pledge terendah untuk musisi solo adalah $129, sedangkan untuk grup band berisi tiga personil adalah $359, empat personil $439 dan lima personil $499 – jangan lupa tambahkan $20 sebagai biaya pengiriman internasional.

Sumber: Indiegogo via SlashGear.