3 November 2015

by Bambang Winarso

Soundcamp, Aplikasi DJ Dalam Genggaman Garapan Samsung

Meskipun bukan bisnis utamanya, Samsung terbilang rajin mengeluarkan aplikasi mobile yang ditujukan khusus untuk perangkat buatannya. Samsung terlihat berkeyakinan ekosistem piranti lunak memegang peranan penting dalam menjaga loyalitas pengguna.

Yang terbaru Samsung meluncurkan sebuah aplikasi Android baru bernama Soundcamp yang memungkinkan pengguna untuk mengasah kemampuan DJ-nya melalui smartphone.

Apa yang menjadikan Soundcamp istimewa adalah dukungannya terhadap sejumlah aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store. Menyediakan instrumen digital bagi para DJ pemula dan profesional untuk memadukan audio sesuka hati tanpa harus membeli peralatan DJ yang dikenal mahal.

Bermodalkan kemampuan DAW dan MIDI, Soundcamp mempunyai kemampuan komplet mulai dari merekam hingga editing. Kemampuan paling utama terdiri atas berbagai tool instrumen virtual seperti drum, keyboard, looper dan recorder dari smartphone. Kemudian ada fitur Multitrack View yang dapat menampung hingga delapan audio track atau MIDI di saat bersamaan. Di panel terpisah, Soundcamp juga punya fitur perekam audio yang menawarkan berbagai efek berbeda.

Info Menarik:Samsung Rilis Aplikasi Pesan Serba Bisa, Socializer Messenger

Tak ketinggalan fitur Midi Editor View dirancang untuk pengguna tingkat lanjut yang familiar dengan proses modifikasi MIDI, fitur ini dirancang semudah menggunakan PC. Plus tampilan Mixer View dibuat serupa dengan konsol mix, menghadirkan kemudahan memadu musik dan audio dengan ujung jari.

Selain itu, Soundcamp juga punya kemampuan apik lain, seperti kemampuan untuk membuat loop tanpa akhir dari track yang sudah direkam, Sampler, dan fitur dukungan koneksi ke smartwatch Gear S2 sebagai interface kendali dari pergelangan tangan.

Dari apa yang dijelaskan oleh Samsung, Soundcamp memang bukan untuk semua orang, terutama bila Anda bukan penggila musik. Tapi, Soundcamp dapat diunduh kapanpun secara cuma-cuma dari Play Store jika Anda ingin mencoba, walaupun sepertinya ia baru kompatibel untuk perangkat Samsung terbaru seperti Galaxy S6 edge+, S6 edge, S6, S5, Note5, Note 4, Note edge, Tab S2, S dan Galaxy View.

Sumber berita SamsungTomorrow.