28 January 2016

by Glenn Kaonang

SoundCloud Perkenalkan Fitur Charts, Permudah Pencarian Lagu-Lagu yang Sedang Hit

Tampilkan 50 lagu yang paling banyak didengar, dapat disortir berdasarkan genre

Sejak pertama kali diluncurkan, SoundCloud telah menjadi salah satu wadah favorit para musisi indie dalam membagikan karya-karyanya. Hal ini menjadikannya sebagai tempat yang pas untuk menemukan musik-musik baru, khususnya musik-musik yang tidak bisa kita jumpai di layanan streaming konvensional macam Spotify, Guvera, Apple Music, dan lain sebagainya.

Kini SoundCloud sepertinya semakin serius menyikapi begitu luasnya koleksi musik yang dimiliki. Mereka memperkenalkan SoundCloud Charts, memudahkan para pengguna untuk menemukan lagu-lagu paling top selama seminggu terakhir.

Dalam daftar ini, SoundCloud akan menampilkan total 50 lagu yang paling banyak didengar oleh pengguna. Di sisi kanan, juga akan ditampilkan berapa jumlah play yang berhasil dikumpulkan dalam seminggu, maupun dari awal lagu tersebut diunggah.

Selain 50 lagu paling top, pengguna juga bisa menyortir lagu-lagu yang masih fresh dan sedang naik daun. Tangga lagu ini juga bisa diurutkan berdasarkan genre. Jadi kalau Anda seperti saya, Anda bisa melihat 50 lagu Country yang paling populer selama seminggu terakhir di SoundCloud.

Kehadiran fitur Charts ini tentu saja akan semakin memudahkan pengguna mencari musik-musik baru di SoundCloud. Untuk melihatnya, silakan langsung kunjungi soundcloud.com/charts.

Di sisi lain, kalau Anda lebih sering mengakses SoundCloud lewat laptop atau komputer, Anda bisa menjajal aplikasi SoundNode yang tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Aplikasi ini punya tampilan yang rapi dan mudah dinavigasikan – jauh lebih tertata ketimbang versi web SoundCloud. Namun yang terpenting, aplikasi ini juga sudah mendukung fitur Charts yang baru dirilis.

Sumber: TheNextWeb. Gambar header: SoundCloud via Shutterstock.