SoundCloud mungkin bukan layanan streaming musik terbesar, tapi koleksi lagunya termasuk yang paling masif jika karya-karya para musisi indie dimasukkan hitungan. Pertanyaannya, bagaimana pengguna bisa menemukan itu semua? Algoritma machine learning jawabannya.

Tahun lalu, SoundCloud mulai bereksperimen dengan machine learning lewat fitur Suggested Tracks. Cara kerja fitur ini sejatinya mirip Discover Weekly milik Spotify, dimana pengguna bakal disuguhi musik dan artis yang sebisa mungkin belum pernah mereka tahu, tapi gaya-gayanya masih mirip dengan yang mereka dengarkan selama ini.

Sekarang, SoundCloud punya fitur rekomendasi berbasis machine learning lain bernama The Upload. Kalau mau disamakan lagi dengan Spotify, fitur ini pada dasarnya mirip seperti Release Radar yang bertujuan menyuguhkan lagu-lagu yang baru dirilis kepada pengguna, tapi tetap disesuaikan dengan seleranya.

Dibanding Suggested Tracks, The Upload berfokus pada lagu-lagu yang baru saja dirilis / SoundCloud
Dibanding Suggested Tracks, The Upload berfokus pada lagu-lagu yang baru saja dirilis / SoundCloud

Menurut SoundCloud, The Upload akan merekomendasikan lagu-lagu yang baru diunggah dalam beberapa hari terakhir berdasarkan apa yang pengguna sukai dan dengarkan. Sama halnya dengan algoritma machine learning lain, semakin sering Anda menggunakan SoundCloud, semakin sempurna pula hasil rekomendasi The Upload.

Pengguna SoundCloud saat ini sudah bisa mengakses The Upload lewat tab “Discover” di web, atau melalui tab “Search” di aplikasi Android dan iOS-nya.

Sumber: SoundCloud.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.