Categories

Internet

Gandeng Twitch, SoundCloud Mudahkan Para Musisi Menghasilkan Uang via Live Stream

Berkat kemitraannya, musisi SoundCloud jadi bisa tergabung dalam program Twitch Affiliate dengan cepat

Glenn Kaonang - 24 March 2020

Satu per satu konser musik dibatalkan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Itu berarti sekarang boleh dibilang merupakan masa suram bagi kalangan musisi, sebab salah satu cara mereka mencari nafkah terpaksa dieliminasi untuk sementara waktu.

Alternatifnya, sejumlah musisi memilih untuk memanfaatkan layanan live streaming macam Twitch. Namun yang menjadi masalah adalah – terutama bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah ‘tampil’ di Twitch – ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum seorang streamer bisa mendapatkan uang dari Twitch.

Sekadar informasi, seorang streamer di Twitch baru bisa mengaktifkan opsi monetisasi seperti subscription atau iklan setelah ia terdaftar di program Affiliate. Dan untuk bisa terdaftar, mereka harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya memiliki paling tidak 50 follower dan total live stream selama 500 menit dalam 30 hari terakhir.

Singkat cerita, musisi yang belum familier dengan Twitch harus menunggu cukup lama sebelum channel mereka di sana bisa menghasilkan uang. Mengumpulkan 50 follower mungkin tidak terlalu sulit, tapi tetap saja mereka harus menunggu setidaknya selama satu bulan.

Sebagai platform yang mewadahi banyak musisi, SoundCloud tergerak untuk memberikan solusi. Mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan Twitch supaya para musisi bisa tergabung dengan program Affiliate di Twitch jauh lebih cepat dari biasanya.

Berkat kemitraan ini, semua musisi yang berlangganan paket SoundCloud Pro atau SoundCloud Premier, serta yang tergabung dalam jaringan Repost by SoundCloud, jadi bisa terdaftar dalam hitungan hari. Mereka hanya perlu membuat akun Twitch (jika belum punya), lalu mengisi formulir yang disediakan untuk diseleksi.

SoundCloud tidak menjamin seleksinya bakal berjalan mulus untuk semua musisi, sebab semuanya bergantung pada tim reviewer Twitch sendiri. Seandainya terpilih, Twitch akan segera mengirimkan undangan untuk bergabung ke program Affiliate-nya via email.

Dari situ musisi bisa langsung mengaktifkan opsi monetisasi di channel Twitch-nya. Di samping subscription dan iklan, opsi yang paling populer tentu saja adalah donasi secara langsung dari para penonton, dan ini tentu bakal sangat membantu banyak musisi secara finansial selama mereka menunda atau bahkan membatalkan rentetan gig-nya.

Sumber: SoundCloud.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter