Categories

Internet

Soundsgood Ingin ‘Rukunkan’ Layanan Streaming Musik via Playlist

Glenn Kaonang - 15 June 2015

Apa layanan streaming musik pilihan Anda? Deezer? Guvera? Rdio? MixRadio? Atau Anda lebih suka mengeksplorasi karya-karya komunitas indie di SoundCloud? Keputusan memilih jelas berada di tangan Anda.

Dalam memilih layanan streaming musik, tentunya harus ada kriteria yang dipenuhi, mulai dari katalog musik, kelengkapan aplikasi mobile, biaya berlangganan, sampai variasi playlist yang ditawarkan. Kriteria yang terakhir ini seringkali dipenuhi dengan bantuan algoritma, namun tren terbarunya, seperti yang digembar-gemborkan Apple Music, adalah kurasi playlist dengan campur tangan manusia.

Hal ini berarti, Anda bisa menikmati playlist yang dibuat oleh, misalnya, Pharell Williams, yang merupakan salah satu musisi favorit Anda. Sayangnya, playlist tersebut hanya akan tersedia di Apple Music, sedangkan Anda lebih memilih menggunakan Rdio karena tampilan aplikasinya lebih sederhana dan mudah dinavigasikan.

Info menarik: 5 Aplikasi untuk Pamer Musik yang Kamu Dengerin

Sebuah startup asal Perancis tampaknya ingin menawarkan solusi atas permasalahan semacam ini. Mereka memperkenalkan sebuah layanan bernama Soundsgood. Sederhananya, Soundsgood mengerahkan personel-personel pilihan dalam membuat playlist musik yang bisa Anda nikmati di berbagai layanan, mulai dari Spotify, YouTube, SoundCloud, Rhapsody, Rdio, Xbox Music sampai Beats Radio yang sebentar lagi akan berganti menjadi Apple Music.

Karena terhubungkan dengan berbagai layanan streaming musik, secara teori Soundsgood memiliki katalog yang sangat lengkap – dengan catatan Anda memang memiliki akun di layanan-layanan tersebut. Bayangkan saja, sebuah playlist di Soundsgood bisa menggabungkan koleksi musik dari Deezer dan Rdio, plus lagu-lagu garapan band indie dari SoundCloud atau YouTube.

Soundsgood saat ini memang masih berfokus pada konsumen di kampung halamannya, akan tetapi mereka juga tengah menggaet para ‘ahli musik’ dari negara-negara lain untuk menjadi salah satu kurator playlist. Kabar terbaiknya, Soundsgood bisa digunakan secara cuma-cuma, dan bisa diakses langsung melalui web browser – aplikasi mobile-nya akan menyusul.

Sumber: TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter