Categories

Gadget

Speaker Ini Mengadaptasikan Suaranya dengan Bentuk Ruangan

Glenn Kaonang - 15 September 2015

Seperti yang kita tahu, akustika adalah salah satu bab fisika yang amat kompleks. Pada prakteknya, bentuk ruangan sangat berpengaruh terhadap kualitas akustik yang didapat. Setiap studio rekaman maupun teater opera memerlukan teori kalkulasi yang tepat dari para ahli untuk mewujudkan kualitas akustik yang terbaik.

Namun rasanya terlalu ribet kalau kita harus membayar jasa seorang ahli akustika untuk mendesain setiap ruangan di dalam rumah agar suara yang dihasilkan speaker-speaker andalan bisa terdengar begitu nyaman di telinga. Masih ada faktor lain yang lebih penting dalam mendesain rumah ketimbang akustik ruang, seperti misalnya penempatan perabot agar ruang kosong bisa maksimal.

Sebuah startup asal Amerika Serikat ingin menawarkan solusi tanpa harus mewajibkan konsumen untuk mempertimbangkan akustik ruang di rumahnya. Mereka menciptakan sebuah speaker pintar yang bisa beradaptasi dengan bentuk ruangan di sekitarnya. Bernama HiddenHub, speaker ini sedang dalam proses pengumpulan dana di Kickstarter.

Info menarik: Mangkir dari Ranah Portable, Astell & Kern Perkenalkan Sistem Audio All-In-One Perdananya

HiddenHub memiliki wujud seperti hockey puck raksasa. Di dalamnya tersimpan empat unit driver dan sebuah subwoofer. Berkat teknologi Adaptive Sound yang diramu tim pengembangnya, HiddenHub akan menyesuaikan distribusi suara dari masing-masing driver sehingga seluruh sudut ruangan bisa 'terselimuti' oleh suara. Sederhananya, di mana pun Anda berada di dalam ruangan, Anda akan mendengarkan kualitas suara yang sama.

HiddenHub tidak harus diletakkan di atas meja. Ia dibekali sebuah accelerometer untuk memahami orientasinya. Dengan kata lain, ia juga bisa Anda tambatkan ke tembok, dan suara yang didapat masih setara dengan ketika ia diposisikan secara horizontal di atas meja – paket penjualannya menyertakan sebuah dudukan yang bisa dipasang dengan dua sekrup kecil.

Usai disibukkan dengan faktor kualitas suara, tim pengembang HiddenHub beralih ke aspek konektivitas. Di sini mereka menyematkan hampir semua jenis konektivitas nirkabel yang ada, mulai dari Bluetooth, Wi-Fi (AirPlay dan DLNA) sampai via kabel optical untuk memperoleh kualitas suara tanpa cela. HiddenHub bahkan bisa menciptakan jaringan Wi-Fi sendiri tanpa menyambung ke sebuah router.

Sistem multi-room yang sedang ngetren pun turut dipertimbangkan. Pengguna bisa menyambungkan beberapa HiddenHub sekaligus, menempatkannya di berbagai ruangan, lalu mengontrol semuanya lewat satu aplikasi. Atau kalau Anda sedang berada di sebelahnya, Anda bisa memanfaatkan bezel di permukaan atasnya untuk mengatur jalannya musik; swipe untuk membesar-kecilkan volume, tap untuk play/pause.

Info menarik: Philips Izzy Ramaikan Kompetisi Speaker Multi-Room

Speaker pintar ini mengandalkan baterai sebagai sumber dayanya. Satu kali charge bisa memberikan sekitar 12 jam waktu pemutaran musik, atau Anda juga bisa menancapkannya ke colokan listrik secara terus-menerus. Di tempat yang petang, HiddenHub akan memancarkan cahaya biru yang lembut. Pengguna bisa mengatur tingkat kecerahannya guna mendapatkan mood ruangan yang sesuai dengan musik yang tengah diputar.

Tertarik memilikinya? Siapkan dana $349 untuk menjadi salah satu backer di laman crowdfunding Hidden Hub.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter