Categories

Gadget

Speaker Sonos Play:5 Baru Dibekali Kemampuan Mengenali Kondisi Ruangan

Glenn Kaonang - 29 September 2015

Sudah hampir dua tahun sejak Sonos mengeluarkan produk baru. Kini dedengkot sistem audio multi-room tersebut dengan bangga memperkenalkan speaker terbarunya, Sonos Play:5. Play:5 sendiri sebenarnya merupakan speaker pertama Sonos yang dilengkapi teknologi multi-room. Namun versi terbarunya kini telah disulap menjadi sebuah speaker pintar.

Sebelum membahas fitur pintarnya, mari terlebih dahulu menilik desainnya. Ada cukup banyak perubahan yang diterapkan. Yang paling menonjol adalah, Play:5 baru ini bisa diletakkan secara horizontal maupun vertikal. Tentu saja, Anda juga bisa menyambungkan dua speaker Play:5 untuk mendapatkan efek stereo yang menggelegar.

Play:5 kini juga hadir bersama sebuah tombol baru untuk memudahkan proses pairing. Sonos pun membekalinya dengan kontrol berbasis sentuh sehingga navigasi bisa terasa lebih intuitif. Lebih lanjut, kontrol sentuh ini tetap berfungsi tak peduli bagaimanapun posisi Play:5 di atas meja.

Info menarik: Philips Izzy Ramaikan Kompetisi Speaker Multi-Room

Di dalamnya bernaung enam unit driver, tiga mid-woofer dan tiga tweeter yang semuanya menerima daya dari amplifier Class-D. Suara yang dihasilkan begitu bombastis. Menurut laporan reporter TheNextWeb yang menghadiri acara peluncurannya di Belanda, suara yang dihasilkan Play:5 ini sangat keras namun tidak berdistorsi, alias tidak terdengar ‘pecah’.

Namun desain baru dan performa saja tak cukup membuat Play:5 layak dipertimbangkan. Ia juga hadir bersama teknologi bernama Trueplay. Teknologi ini memungkinkan sang speaker untuk menyesuaikan equalizer-nya dengan kondisi akustik ruangan. Seperti yang kita tahu, posisi speaker di dalam ruangan sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

Kemampuan mengenali posisi di dalam ruangan ini memungkinkan Play:5 untuk menghasilkan suara yang terbaik di mana pun ia diletakkan. Namun yang lebih menarik lagi, ternyata teknologi Trueplay ini juga akan tersedia untuk speaker Sonos Play:1 dan Play:3 lewat software update, lalu menyusul ke lini perangkat audio Sonos yang lainnya.

Info menarik: Speaker Ini Mengadaptasikan Suaranya dengan Bentuk Ruangan

Sama seperti pendahulu-pendahulunya, Sonos Play:5 baru juga bisa disambungkan dengan speaker lain dalam konfigurasi multi-room. Dipasangkan dengan Sonos Playbar, Play:5 bisa merangkap tugas sebagai speaker belakang dalam setuphome theater. Apapun konfigurasi yang Anda kehendaki, speaker ini siap menjalankan tugasnya.

Sonos Play:5 baru ini akan hadir dalam dua pilihan warna: matte black dan matte white. Harga per unitnya dipatok $499.

Sumber: TheNextWeb dan Sonos.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter