26 January 2016

by Glenn Kaonang

Speaker Terbang Sudah Biasa, Saatnya Menggaet Bonsai Terbang

Merupakan pengaplikasian teknologi levitasi magnet dalam wujud yang sangat elegan

Sudah bukan rahasia apabila merawat bonsai itu butuh ketekunan tingkat tinggi. Usai memeliharanya selama bertahun-tahun dengan penuh kasih sayang, pastinya kita ingin semua tamu kediaman bisa menyaksikan keanggunannya. Para penghobi bonsai pasti tahu cara terbaiknya, tapi sekarang ada cara lain yang sangat tidak umum.

Sebuah tim pengrajin asal Jepang, Honshinchu, mencoba menawarkan cara baru memamerkan bonsai, yakni dengan menerbangkannya. Bukan, ini sama sekali bukan tipu muslihat. Tapi merupakan pengaplikasian teknologi levitasi magnet dalam wujud yang sangat elegan.

Mereka menjuluki inovasi tersebut dengan nama Air Bonsai. Sangat simpel dan gamblang, Air Bonsai akan membuat bonsai kesayangan – atau tanaman lain yang Anda mau – mengambang di udara, membuat seluruh mata yang tertuju terpukau oleh keindahan bonsai sekaligus teknik levitasi yang terasa seperti sihir tersebut.

Air Bonsai terdiri dari dua komponen. Yang pertama disebut dengan istilah Energy Base, yang pada dasarnya merupakan sebuah pot tanpa lubang. Sebagai gantinya, pot berbahan porselen ini mengemas magnet yang akan berpadu harmonis dengan komponen yang kedua.

Komponen kedua ini mereka juluki Little Star. Ia ditawarkan dalam dua varian; varian yang pertama tampak seperti bola tanah yang dipenuhi lumut, sedangkan varian yang kedua merupakan sejenis mangkuk yang terbuat dari batu lava muntahan Gunung Sakurajima. Little Star ini akan menjadi wadah dari bonsai pilihan yang ingin dibuat melayang. Ketika diletakkan di atas Energy Base, ia akan mengambang dengan sendirinya.

Semua proses pembuatannya dikerjakan di Jepang dengan lama sekitar tiga bulan untuk setiap unitnya. Meski pada dasarnya merupakan perangkat elektronik, Air Bonsai masih bisa dikategorikan sebagai produk kerajinan tangan yang dibuat dengan sangat presisi.

Saat ini Air Bonsai bisa dipesan melalui situs crowdfundingKickstarter seharga $200 untuk set yang paling standar – tidak termasuk bonsainya. Sayangnya Honshinchu hanya melayani pengiriman ke Jepang, Kanada dan Amerika Serikat saja. Jadi kalau Anda benar-benar tertarik, bisa menitip ke saudara atau teman yang menetap di salah satu negara tersebut.