Categories

Gadget

[Speed Review] OPPO A91 Andalkan Desain Stylish dan Quad Camera 48MP

Kamera utama OPPO A91 beresolusi 48MP dan mengusung panel AMOLED water-drop screen

Lukman Azis - 1 April 2020

Bagi yang ingin membeli smartphone merek OPPO, namun punya budget yang terbatas maka lini A series OPPO adalah jawabannya. Nah yang terbaru ada OPPO A31 yang dibanderol Rp2,8 juta di kelas entry level dan OPPO A91 yang belum lama ini dirilis dengan harga Rp4 juta di kelas menengah.

Desain stylish dengan opsi warna lightening black dan unicorn white. Serta, kemampuan kamera dengan konfigurasi quad camera dan kamera utama beresolusi 48MP merupakan suguhan utama dari OPPO A91. Lalu, apa lagi kelebihan dan kekurangannya? Berikut speed review OPPO A91 selengkapnya.

Desain

Review-OPPO-A91-8

OPPO A91 mengusung layar seluas 6,4 inci yang dikemas dalam desain water-drop screen dengan notch kecil di atas layar. Istimewanya, panelnya sudah menggunakan AMOLED dengan resolusi 1080×2400 piksel pada aspek rasio 20:9 dan telah diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Beralih ke belakang, akan dijumpai setup quad camera dalam posisi vertikal. Di sampingnya ada keterangan “Designed for A-Series” dan LED flash, serta tulisan OPPO di pojok kiri bawah. Body-nya sendiri terbilang tipis meski menampung baterai berkapasitas 4.000 mAh, ketebalannya hanya 7.9mm dengan bobot 172 gram.

Review-OPPO-A91-1

Anda tidak akan menemukan sensor fingerprint di back cover karena perangkat ini memiliki sistem pemindai sidik jari di bawah layar atau hidden fingerprint unlock versi 3.0 yang ditingkatkan kecepatannya. Di mana respon untuk membuka smartphone hanya butuh waktu 0,32 detik, naik 45 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Soal kelengkapan atributnya, tombol power terletak di sisi kanan yang mudah digapai oleh jempol dan tombol volume berada di sisi sebrangnya. Bagian atas bisa dijumpai mikrofon sekunder dan sisanya di bawah, ada jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB Type-C, dan speaker.

Kamera

Review-OPPO-A91-2

Kemampuan kamera merupakan salah satu fitur penting yang diunggulkan oleh OPPO A91. Di bagian belakang terdapat empat unit kamera dengan kamera utama beresolusi 48MP dan aperture f/1.8.

Sensor 48MP ini menerapkan teknologi Quad Bayer 2×2, di mana hasil fotonya menjadi 12MP dengan ukuran per piksel lebih besar yakni 1.6µm sehingga lebih dapat diandalkan saat memotret di kondisi cahaya rendah. Sementara, mode foto 48MP dengan piksel 0.8µm bisa ditemukan di pengaturan aspek rasio.

Selanjutnya, kamera 8MP dengan lensa ultra wide angle untuk menangkap lebih banyak informasi dan menguatkan cerita di balik foto yang diambil. Lalu, ada kamera 2MP dengan lensa monokrom yang bisa dirasakan manfaatnya di filter hitam putih. Satu lagi, 2MP juga sebagai depth sensor dan foto portrait dengan efek bokeh.

Untuk keperluan face unlock, video call, selfie, hingga nge-vlog, OPPO A91 mengandalkan kamera depan beresolusi 16MP dengan aperture f/2.2. Baik kamera depan maupun belakangnya mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps, lengkap dengan fitur AI Video Beautification. Terkhusus kamera belakang perekaman videonya dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization (EIS) guna meredam getaran sehingga pergerakan video terlihat lebih mulus.

Hardware

Review-OPPO-A91-6

Sebagai smartphone baru yang dirilis pada tahun 2020, cukup disayangkan bahwa OPPO A91 memiliki dalaman lawas. Sistem operasinya masih berjalan di atas Android 9 Pie dengan ColorOS 6.1 dan menggunakan chipset MediaTek Helio P70 seperti yang tertanam pada smartphone OPPO F11 series tahun lalu.

Semoga saja, OPPO segera merilis update Android 10 ke OPPO A91 dalam waktu dekat. Kalau soal performa, Helio P70 sendiri sudah cukup memadai untuk menangani beragam tugas ber-smartphone harian, termasuk untuk gaming. SoC ini mengemas CPU octa-core yang terdiri dari quad-core 2.1 GHz Cortex-A73 dan quad-core 2.0 GHz Cortex-A53, serta GPU Mali-G72 MP3.

Performanya juga ditopang oleh besaran RAM mencapai 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Tanki baterai 4.000mAh juga didukung pengisian daya cepat 20W VOOC Flash Charge 3.0 yang 26 persen lebih cepat dari VOOC generasi sebelumnya. Di mana memungkinkan untuk mengisi ulang daya 50 persen dalam 30 menit.

Verdict

Review-OPPO-A91-7

OPPO A91 adalah smartphone kelas menengah yang membawa keunggulan desain stylish, serta kemampuan foto lewat setup quad-camera dengan kamera utama beresolusi 48MP. Sudah menggunakan panel AMOLED dalam desain water-drop screen yang kekinian, lengkap dengan fitur hidden fingerprint unlock 3.0.

Adapun untuk kekurangannya, OPPO A91 ini masih menjalankan OS Android 9 Pie dan belum ada informasi kapan update Android 10 akan bergulir. Kemudian dapur pacunya agak lawas, meski performanya sudah mencukupi untuk semua kebutuhan dasar ber-smartphone dan sebagian orang tidak membutuhkan performa tinggi. Terakhir soal harga, OPPO A91 cukup kompetitif direntang Rp4 juta, meskipun kompetitornya sangat banyak.

Sparks

  • Setup quad camera dengan kamera utama 48MP
  • Panel AMOLED water-drop screen beresolusi Full HD+
  • Hidden fingerprint unlock 3.0 yang cepat
  • VOOC Flash Charge 3.0

Slacks

  • Masih menjalanakan OS Android 9 Pie
  • Chipset lawas seperti yang didapat OPPO F11 series tahun lalu

Disclosure: Artikel ini adalah sponsored konten yang di dukung oleh OPPO. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter