1 September 2016

by Glenn Kaonang

Asus Umumkan ZenWatch 3 yang Lebih Stylish Sekaligus Berkinerja Lebih Baik

Layarnya kini membulat dan dilapisi oleh kaca Gorilla Glass yang melengkung

Selain Samsung Gear S3, IFA 2016 juga menjadi panggung debut untuk smartwatch terbaru Asus. ZenWatch 3 membawa perubahan yang cukup drastis dibanding kedua pendahulunya, dimana layarnya kini telah mengadopsi desain membulat ketimbang persegi.

Sepintas wujudnya terlihat mirip seperti Huawei Watch. Kendati demikian, ZenWatch 3 punya sejumlah elemen desain yang patut mendapat sorotan khusus. Utamanya adalah tebal bodi tahan air yang tidak sampai 1 cm – 9,95 mm tepatnya, bahkan lebih tipis ketimbang Apple Watch.

Sasisnya terbuat dari material stainless steel 316L yang diklaim Asus 82 persen lebih tangguh ketimbang baja biasa. Layarnya dilapisi kaca Gorilla Glass yang sedikit melengkung untuk memudahkan gestureswipe. Di sebelah kanan bezel super-tipisnya, terdapat tiga tombol pengoperasian – satu di antaranya bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Asus ZenWatch 3 meliputi layar AMOLED 1,39 inci beresolusi 400 x 400 pixel (287 ppi), chipsetQualcomm Snapdragon Wear 2100 yang secara spesifik dirancang untuk perangkat wearable, RAM 512 MB dan storage internal sebesar 4 GB.

Asus ZenWatch 3 juga akan hadir dalam varian rose gold / Asus

Baterainya diperkirakan bisa bertahan selama 2 hari pemakaian, akan tetapi Asus tak lupa membekali ZenWatch 3 dengan teknologi HyperCharge yang bisa mengisi baterai hingga 60 persen kapasitas dalam waktu 15 menit saja. Charger-nya sendiri menempel pada sisi belakang smartwatch menggunakan magnet.

Bisa disambungkan ke perangkat Android maupun iOS, ZenWatch 3 menjalankan sistem operasi Android Wear – kemungkinan besar versi 2.0 yang Google umumkan bulan Mei lalu – didukung oleh deretan watch face kreasi Asus sendiri. Dari segi kinerja, Asus mengklaim ZenWatch 3 dapat memonitor jumlah langkah kaki dengan tingkat akurasi 95 persen.

Asus rencananya bakal memasarkan ZenWatch 3 mulai bulan Oktober mendatang seharga €229 atau sekitar Rp 3,4 juta. Terdapat tiga pilihan warna yang ditawarkan – gunmetal, silver dan rose gold – dan pengguna bisa memilih strap yang berbahan karet atau kulit.

Sumber: The Verge dan Asus.