Categories

Gadget

Spesifikasi dan Kemampuan Baru di Snapdragon 845

Pembahasan ini lebih banyak membicarakan segi teknis di Snapdragon 845

Bambang Winarso - 7 December 2017

Seperti yang dijanjikan, tak lama berselang setelah memperkenalkanchipset terbarunya, Snapdragon 845, Qualcomm akhirnya merilis detail lebih dalam terkait spesifikasi Snapdragon 845, apa yang ia bisa dan fitur apa saja yang dipunyai.

Setidaknya ada 5 elemen kunci yang menjadi fokus Qualcomm di seri ini, yaitu CPU, grafis, kecerdasan buatan, keamanan dan konektivitas. Seperti apa? Kita telaah satu per satu.

Performa CPU

Snapdragon 845 dibangun dengan proses 10nm generasi kedua di mana Samsung sekali lagi terlibat di dalamnya. Di atas kertas, Snapdragon 845 mempunyai delapan buah core di mana empat core Kryo 385 Gold (A75 derivative) menghasilkan kecepatan clock hingga 2.8GHz, atau lebih gahar 30% ketimbang seri terdahulu. Dan 4 core lain (Kryo 385 Silver) yang fokus pada efisiensi menghasilkan peningkatan performa sebesar 15%.

Kombinasi ini diklaim memberikan masa pakai baterai yang lebih lama di samping peningkatan performa untuk tugas-tugas gaming dan juga pemangkasan durasi saat menjalankan aplikasi tertentu. Diklaim oleh Qualcomm, chipset terbarunya ini nantinya mampu menangkap video 4K lebih dari 4 jam dan penggunaan VR lebih dari 3 jam dan dua hari pemakaian Ultra HD Voice.

Grafis

Di bagian ini, duduk komponen grafis Adreno 630 yang menjanjikan dorongan kecepatan grafis sebesar 30% dan efisiensi di persentase yang sama. Vulkan API juga dipastikan tersedia di dalamnya. Dorongan performa grafis secara umum juga berperan pada peningkatan performa CPU dengan porsi sebesar 20%.

Di samping performa dan efisiensi, Adreno 630 juga menjanjikan kemampuan menangkap gambar yang lebih baik, misalnya menangkap video Ultra HD Premium, bukannya hanya memutarnya saja, kemudian menghadirkan detail warna jauh lebih bening sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih nyata dan jernih.

Secara rinci, berikut adalah kemampuan Snapdragon di sisi video

  • Merekam video 4K
  • Layar 4K HDR di 60fps
  • Merekam video slow motion beresolusi 720 di 480fps.
  • Menangkap video hingga 10-bits per warna
  • Mendukung HDR10, HLG dan H.265. (HEVC)
  • Dan mendukung Accelerated Electronic Image Stabilization

Dukungan Teknologi AI

Tren AI sudah semestinya menjadi salah satu perhatian Qualcomm sebagai pabrikan chipset ternama. Di Snapdragon 845, Qualcomm menawarkan dukungan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai elemen, misalnya menyempurnakan asisten virtual menggunakan suara, meningkatkan kemampuan kamera bokeh, gaming dan masa pakai baterai yang lebih lama. Hal ini dimungkinkan dengan adanya peningkatan DSP ke Hexagon 685 yang selain untuk keperluan AI juga untuk urusan tugas-tugas yang berhubungan dengan gambar. Di sektor ini, Qualcomm meningkatkan keterlibatan AI selama proses yang meningkatkan performa 3x lebih baik ketimbang seri Snapdragon 835.

Keamanan

Di sektor ini, Qualcomm mengandalkan empat buah senjata utama antara lain Qualcomm Secure Processing Unit (SPU), Qualcomm Processor Security, Qualcomm Mobile Security dan Qualcomm Content Protectio yang secara umum memungkinkan pabrikan perangkat untuk menghadirkan sistem otentikasi biometrik yang lebih baik, lebih aman dan akurat termasuk di dalamnya pengelolaan data vital aplikasi dan informasi terenkripsi.

Konektivitas

Yang juga tak kalah penting, Snapdragon 845 menghadirkan modem baru X20 LTE yang merupakan modem gigabit LTE generasi kedua dengan peningkatan performa sebesar 20%. Di samping itu, Snapdragon 845 juga mendukung dual VoLTE  dalam satu ponsel dan dukungan elemen baru ke Bluetooth 5 yang memungkinkan perangkat mengirimkan konten ke banyak perangkat sekaligus. Snapdragon 845 menggunakan LTE Cat 18 yang mampu menghasilkan kecepatan download 1.2Gbps dan kecepatan uplink hingga 150Mbps.

Ketersediaan

Untuk saat ini ada beberapa nama yang kemungkinan besar bakal menjadi yang pertama mengadopsi Snapdragon 845, mereka adalah Xiaomi, LG dan tentu saja Samsung sebagai pihak yang banyak terlibat dalam perakitannya. Tetapi, tentu tidak di tahun ini. Satu hal yang pasti, Snapdragon 845 membawa angin segar yang tidak hanya membuka peluang akan hal-hal baru di sektor mobile tapi juga di ranah komputasi dengan hadirnya seri-seri always connected laptop baru, seperti Asus NovaGo dan HP Envy x2 yang juga ditenagai chipset berlabel Qualcomm.

Perbandingan Spesifikasi Antara Snapdragon 835 dan Snapdragon 845

Sumber berita Qualcomm.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter