19 October 2017

by Bambang Winarso

Jelang Peluncuran, Spesifikasi HTC U11 Plus Merebak di Dua Situs Benchmark

Perangkat dengan nomor model HTC 2Q4D1 muncul di GFCBench dan Geekbench, diduga merupakan label dari HTC U11 Plus

HTC masih dalam kondisi yang kurang bagus meskipun pendapatan bulanan mereka tercatat naik dua kali lipat di bulan September 2017. Pasalnya, secara umum capaian ini masih menunjukkan tren negatif, 30% lebih rendah dari tahun ke tahun. Kondisi ini ditengarai menjadi alasan mengapa mereka menerima pinangan Google untuk membeli divisi smartphone-nya.

Di tengah kondisi keuangan yang kurang sehat, HTC diyakini tetap terus produktif melahirkan perangkat-perangkat baru untuk bertahan. Salah satu yang diyakini ada dalam rencana mereka adalah smartphoneflagship, HTC U11 Plus yang menurut rumor bakal jadi sajian utama di sebuah acara yang sudah dikonfirmasi bakal digelar pada tanggal 2 November mendatang. HTC sendiri belum membeberkan apa saja yang akan mereka ungkap di sana.

Menjelang hari H, sejumlah rumor sudah lebih dulu menyambut HTC U11 Plus. Dua situs benchmark ternama bahkan sudah membeberkan spesifikasi yang mungkin saja bakal dibawanya. Hanya saja, memang keduanya cuma menampilkan nomor model HTC 2Q4D1 yang oleh banyak media tak lain dan tak bukan adalah label untuk HTC U11 Plus.

Kesimpulan itu didapat dari spesifikasi HTC 2Q4D1 itu sendiri, di mana perangkat mengadopsi chipset Snapdragon 835 yang β€œhanya” dipakai oleh perangkat flagship. Satu-satunya perangkat flagship yang dikait-kaitkan dengan HTC sejauh ini baru U11 Plus, belum ada nama lain. Kedua, GFXBench juga menyebutkan komponen layar perangkat menggunakan komponen 6 inci dengan resolusi QHD Plus atau 2880 x 1440 piksel. Sampai di sini, Anda pun bisa menyimpulkan sendiri. Lebih lanjut, GFXBench membeberkan rincian RAM dengan kapasitas 4GB dan memori internal 64GB, membawa kamera 12MP dan 8MP kamera selfie serta sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Sementara itu Geekbench juga menampilkan label HTC 2Q4D1 di listingnya dengan rincian spesifikasi yang hampir mirip, antara lain Snapdragon 835, Android 8.0 Oreo, dan RAM sebesar 4GB.

Satu-satunya spekulasi yang mungkin mengacaukan rumor ini adalah kabar bahwa HTC juga tertarik menggarap smartphone Android One, HTC U11 Life. Namun, profil yang terpampang di GFXbenc dan Geekbench tak cocok dengan smartphone pesaing Xiaomi Mi A1 ini. Pasalnya, HTC U11 Life dirumorkan bakal mengemas penampang layar selebar 5,2 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Dalamannya bakal mengandalkan chipset Snapdragon 630 dan memori internal seluas 32GB. Artinya, ia bukan perangkat flagship melainkan smartphone kelas menengah. Tapi, mungkin saja HTC malah akan mengungkap keduanya secara bersamaan di 2 November mendatang.

Sumber berita Gizmochina dan gambar header ilustrasi HTC U11.