Categories

Gadget

Huawei nova 8 SE Meluncur dengan Sejumlah Upgrade Sekaligus Downgrade

Layarnya kembali berponi, akan tetapi panelnya sudah OLED

Glenn Kaonang - 9 November 2020

Huawei baru saja memperkenalkan nova 8 SE, suksesor dari nova 7 SE, model paling murah dari seluruh lini nova 7 yang diperkenalkan pada bulan April lalu. Dibandingkan pendahulunya, nova 8 SE yang datang sendirian ini tentu membawa sejumlah upgrade, tapi di saat yang sama juga ada beberapa bagiannya yang di-downgrade.

Perbedaan yang paling signifikan terletak pada layarnya. Seperti yang bisa kita lihat, lubang kamera milik pendahulunya telah digantikan oleh poni di sini, dan saya tidak heran seandainya beberapa orang menilai ini sebagai penurunan. Kendati demikian, kualitas layarnya sendiri meningkat berkat penggunaan panel OLED.

Panel ini memiliki bentang diagonal 6,53 inci dan resolusi FHD+, serta mendukung format HDR10. Berhubung OLED, Huawei pun bisa menyembunyikan sensor sidik jari di baliknya, berbeda dari nova 7 SE yang masih menggunakan sensor yang menyatu dengan tombol power.

Untuk chipset-nya, nova 8 SE menggunakan MediaTek Dimensity 720, tapi ada pula varian High Edition yang menggunakan Dimensity 800U. Keduanya sama-sama dilengkapi RAM sebesar 8 GB, storage internal 128 GB, dan baterai berkapasitas 3.800 mAh.

Angka ini jelas lebih kecil daripada kapasitas baterai milik nova 7 SE, akan tetapi kecepatan pengisiannya justru dua kali lebih cepat. Seperti halnya Huawei Mate 40 Pro, nova 8 SE mendukung teknologi fast charging dengan output maksimum 66 W yang dapat mengisi dari 0 – 100% dalam waktu 35 menit saja.

Untuk kameranya, nova 8 SE mengemas empat kamera belakang dengan konfigurasi mengotak. Kamera utamanya mempunyai resolusi 64 megapixel, diikuti oleh kamera ultra-wide 8 megapixel, dan kamera macro beserta depth sensor yang sama-sama memiliki 2 megapixel. Poni layarnya sendiri dihuni oleh kamera 16 megapixel.

Di atas kertas, kita bisa melihat bahwa spesifikasi kameranya tidak berubah jika dibandingkan dengan nova 7 SE. Semua itu dikemas dalam sasis setebal 7,46 mm, dan yang beratnya tak lebih dari 178 gram.

Di Tiongkok, Huawei nova 8 SE bakal segera dijual dengan harga 2.599 yuan (± Rp5,6 juta), atau 2.699 yuan (± Rp5,8 juta) untuk varian High Edition-nya. Huawei menawarkannya dalam empat pilihan warna yang berbeda.

Sumber: GSM Arena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id