Categories

Gadget

Lenovo Legion Phone Duel 2 Diciptakan untuk Digunakan Secara Horizontal

Anggap saja handheld console yang kebetulan bisa merangkap fungsi sebagai smartphone

Glenn Kaonang - 9 April 2021

Lenovo resmi merambah segmen smartphone gaming tahun lalu lewat Legion Phone Duel. Tanpa perlu menunggu lama, suksesornya sekarang sudah tiba. Dinamai Legion Phone Duel 2, ponsel ini pada dasarnya membawa ide-ide nyeleneh yang sebelumnya ditawarkan ke tingkat yang lebih ekstrem lagi.

Lihat saja desainnya. Lenovo lagi-lagi merancang smartphone gaming-nya agar bisa optimal dipakai dalam orientasi landscape. Hal ini kembali dibuktikan lewat penempatan kamera selfie-nya; masih di samping kanan, sehingga pengguna dapat merekam atau menyiarkan sesi gaming-nya dalam orientasi landscape secara lebih optimal.

Kalau kita tengok bagian belakangnya, tampak sebuah tonjolan di bagian tengah yang menjadi rumah atas komponen-komponen esensial yang menjadi bagian dari logic board, utamanya prosesor. Idenya adalah, ketika pengguna menggunakan perangkat dalam orientasi landscape (untuk bermain tentu saja), jari-jarinya tidak akan merasakan panas yang berlebih karena suhu panasnya ini akan terpusat di tengah, yang bisa diindikasikan oleh kehadiran sebuah kipas pendingin.

Performanya sendiri sesuai ekspektasi kita terhadap smartphone gaming di tahun 2021: Snapdragon 888, RAM LPDDR5 dengan pilihan kapasitas 12 GB, 16 GB, atau 18 GB, serta storage internal UFS 3.1 sebesar 256 GB atau 512 GB. Mengapit logic board tersebut adalah sepasang modul baterai, masing-masing berkapasitas 2.750 mAh.

Ya, total kapasitas baterainya naik menjadi 5.500 mAh, dan Lenovo masih mempertahankan fitur dual charging menggunakan dua kabel USB-C sekaligus dengan output maksimum 90 W, sehingga baterainya bisa terisi penuh dalam waktu 30 menit saja. Kalau cuma satu kabel saja yang menancap, otomatis output daya yang tersalurkan ‘cuma’ 45 W.

Perangkat ini besar; tebalnya mencapai 9,9 mm, dan beratnya berada di kisaran 259 gram. Layarnya juga sangat masif di angka 6,92 inci, dengan panel AMOLED beresolusi 2460 x 1080 pixel yang menawarkan refresh rate 144 Hz dan touch sampling rate 720 Hz. Agar pengalaman gaming yang didapat bisa semakin maksimal, Lenovo turut menyertakan vibration motor ganda dan sepasang speaker stereo.

Mengapit kamera selfie 44 megapixel-nya di sisi kanan adalah empat buah tombol ultrasonik yang dapat diprogram sesuai kebutuhan. Kalau itu masih kurang, di belakang masih ada lagi dua buah tombol kapasitif, persis di sebelah tonjolan bagian tengahnya. Tonjolan tersebut juga menjadi rumah untuk sepasang kamera: kamera utama 64 megapixel f/1.9, dan kamera ultra-wide 16 megapixel f/2.2.

Di kawasan Eropa, Lenovo Legion Phone Duel 2 kabarnya akan dijual dengan harga paling murah €799, sama persis seperti Asus ROG Phone 5 meski dengan konfigurasi RAM dan storage yang berbeda. Lenovo berencana menjualnya di beberapa negara di kawasan Asia Pasifik mulai bulan Mei mendatang, tapi sejauh ini belum ada informasi apakah Indonesia bakal termasuk sebagai salah satunya.

Sumber: Lenovo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id