Gadget

Nokia 2 Resmi Diumumkan, Tawarkan Warisan Leluhur Baterai Tahan Lama

Spesifikasi Nokia 2 tergolong ke kelas entry level, misalnya Snapdragon 212, RAM 1GB dan memory hanya 8GB

Desas-desus soal smartphone Android Nokia paling murah ternyata bukan sebatas isapan jempol. Bertempat di New Delhi, India, HMD Global selaku perusahaan yang merakit perangkat secara resmi memperkenalkan Nokia 2, smartphone Android Nougat paling murah dari Nokia. Untuk yang merasa skeptis, tahan dulu. Nokia 2 ini sudah dibekali baterai sebesar 4.100mAh lho. Jadi, ia punya kemiripan dengan ponsel lawas leluhurnya yang dikenal awet. Sobat yang masih mengharapkan warisan leluhur tersebut, semestinya bisa mendapatkan jawaban dari hadirnya Nokia 2 ini yang diklaim mampu hidup selama 2 hari.

Tetapi untuk sobat yang lebih membutuhkan sisi performa, tentu Nokia 2 bukan pilihan yang tepat. Secara, smartphone ini cuma mengandalkan chipset Snapdragon 212 Mobile Platform yang merupakan suksesor dari Snapdragon 210. Komponen ini memang dirancang untuk perangkat entry-level dengan mengemas empat inti ARM Cortex-A7 dengan kecepatan maksimal 1,3GHz.

Tak jauh dari prosesor, HMD Global membenamkan RAM sebesar 1GB dan memori seluas 8GB yang bisa diperluas dengan kartu memori eksternal sampai dengan 128GB. Tapi sobat bisa sedikit bersenang hati, meski performanya hanya sebatas untuk aktivitas sehari-hari, namun Nokia 2 sudah dibekali sistem operasi Android 7.1 Nougat dan dipastikan bakal kebagian Android 8.0 Oreo yang paling anyar.

Tadinya saya mengira HMD Global tak akan terlalu peduli dengan kamera. Tapi ternyata salah besar, sebab pabrikan yang juga merilis Nokia 3, 5 dan 6 itu membekali smartphone murah barunya dengan komposisi kamera yang menurut saya cukup baik. Di belakang misalnya duduk kamera 8MP yang sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash. Sedangkan di depan, mengandalkan sensor 5MP untuk memenuhi hasrat selfie penggunanya.

Lalu bergeser ke depan, kita bisa jumpai layar 5 inci LTPS HD yang juga tak mengecewakan. Layar ini resolusinya 720 x 1280 piksel yang terbilang sangat baik untuk kelas smartphone murah.

Nokia 2 bakal diluncurkan dalam tiga pilihan warna, antara lain Copper Black, Pewter Black, dan Pewter White. Harga jualnya mulai €99 dan akan bervariasi di tiap-tiap negara tujuan.

Sumber berita HMD Global dan Nokia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter