Nokia 5.1, Nokia 3.1 dan Nokia 2.1 Ramaikan Pasar Smartphone Kelas Budget

Nokia 5.1, Nokia 3.1 dan Nokia 2.1 Ramaikan Pasar Smartphone Kelas Budget

Tema kuncinya: layar membesar, performa meningkat
Nokia 5.1 / HMD Global
Nokia 5.1 / HMD Global

HMD Global baru saja merilis tiga smartphone anyar untuk segmen menengah ke bawah: Nokia 5.1, Nokia 3.1, dan Nokia 2.1. Dari namanya, kelihatan bahwa ketiganya merupakan model yang membawa penyegaran spesifikasi, menyesuaikan dengan standar 2018, meski ada pula sejumlah perubahan desain yang cukup menarik.

Sebelumnya, HMD sudah lebih dulu merilis versi baru dari Nokia 6. Sama seperti ponsel tersebut, ketiga smartphone baru ini juga menjalankan sistem operasi yang paling gres, yakni Android 8.1 Oreo, dan HMD tetap berkomitmen untuk merilis update sampai setidaknya tiga tahun ke depan.

Nokia 5.1

Nokia 5.1

Secara desain, Nokia 5.1 masih mirip seperti pendahulunya, dengan sasis yang terbuat dari aluminium utuh (unibody). Perbedaannya, wajahnya jadi kelihatan lebih ‘bersih’ berkat sensor sidik jari yang dipindah posisinya ke belakang. Bukan cuma itu, layarnya pun sedikit lebih besar.

Ponsel ini mengemas layar 5,5 inci dengan rasio 18:9, naik 0,3 inci dari Nokia 5, tapi lebar bodinya malah menyusut 2 inci berkat perubahan rasio tersebut. Yang istimewa, layarnya kini full-HD (2160 x 1080), dengan kerapatan pixel 443 ppi, naik drastis dibanding pendahulunya yang cuma berlayar 720p.

Performanya ikut didongkrak. Chipset yang digunakan bukan lagi Snapdragon kelas bawah, melainkan MediaTek Helio P18 berinti delapan dengan GPU Mali T720, yang HMD klaim mampu meningkatkan kinerja secara menyeluruh hingga 40%. Pilihan RAM dan storage internalnya ada dua: 2 GB/16 GB, atau 3 GB/32 GB, plus slot microSD.

Di sektor kamera, Nokia 5.1 mengusung kamera belakang 16 megapixel dengan dukungan phase-detection autofocus (PDAF) dan dual-tone flash. Kamera depannya 8 megapixel, sedangkan baterainya memiliki kapasitas 2.970 mAh.

HMD bakal melepas Nokia 5.1 di Eropa mulai bulan Juli dengan harga €189 untuk varian RAM 2 GB, atau €219 untuk varian RAM 3 GB. Pilihan warnanya ada tiga: hitam, biru, dan warna tembaga.

Nokia 3.1

Nokia 3.1

Nokia 3.1 mengikuti jejak Nokia 5.1 dengan menggunakan layar berasio 18:9, meski resolusinya cuma 1440 x 720 pixel di panel berukuran 5,2 inci. Penampilannya cukup mirip seperti versi 2017, namun sepintas kelihatan sedikit lebih elegan meski material yang digunakan masih sama (bingkai aluminium dipadukan panel polycarbonate di belakang).

Selain layar yang lebih besar, Nokia 3.1 juga menjanjikan peningkatan performa hingga 50% berkat pemakaian chipset MediaTek MT6750. Chipset yang digunakan ini mengemas prosesor octa-core, sedangkan pendahulunya cuma ditenagai prosesor quad-core, sehingga klaim HMD tampaknya cukup bisa dipertanggungjawabkan.

HMD turut menawarkan Nokia 3.1 dalam dua opsi RAM dan storage: 2 GB/16 GB atau 3 GB/32 GB, plus slot microSD. Kamera utamanya 13 megapixel, sedangkan kamera depannya 8 megapixel. Baterai yang diusung memiliki kapasitas 2.990 mAh.

Ponsel ini akan hadir lebih dulu di bulan Juni dengan banderol €139 untuk varian RAM 2 GB, atau €169 untuk varian RAM 3 GB. Kombinasi warnanya juga ada tiga: biru/tembaga, hitam/krom, dan putih/silver.

Nokia 2.1

Nokia 2.1

Meneruskan kiprah pendahulunya yang belum berusia satu tahun, Nokia 2.1 tampil dengan layar yang lebih besar: 5,5 inci, 1280 x 720 pixel. Performanya tentu saja juga meningkat, apalagi berkat penggunaan chipset Snapdragon 425 yang diklaim 50% lebih cepat dibanding Snapdragon 212 milik pendahulunya.

Sayang sekali RAM-nya masih 1 GB, dan storage internalnya pun cuma 8 GB, meski untungnya masih ada slot microSD. Untuk kamera sepertinya juga masih sama: 8 megapixel di belakang, 5 megapixel di depan. Beruntung Nokia 2.1 masih mempertahankan salah satu keunggulan pendahulunya, yakni baterai berkapasitas masif, tepatnya 4.000 mAh, dikemas dalam bodi yang tebalnya belum melewati 1 cm.

Juga menarik untuk disorot adalah software-nya. Sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dijalankan bukanlah versi standar, melainkan versi Go seperti yang ada pada Nokia 1, yang telah dioptimalkan untuk hardware kelas bawah, serta datang bersama sejumlah aplikasi bawaan Go Edition macam Gmail, YouTube, Maps, dan lain sebagainya.

HMD berniat menjual Nokia 2.1 mulai bulan Juli mendatang dengan harga $115. Selisihnya tidak jauh dari Nokia 1, padahal spesifikasi Nokia 2.1 bisa dibilang cukup superior.

Sumber: Android Central dan HMD Global.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…