18 January 2017

by Bambang Winarso

Nokia P1 Bakal Jadi Suguhan Premium HMD Global Berikutnya?

Nokia P1 sudah lama dikabarkan bakal jadi jagoan berikutnya, jelang MWC 2017 rumor terkait perangkat semakin santer berhembus

Sukses dengan peluncuran perdanasmartphone Android berlabel Nokia, HMD Global diyakini makin percaya diri untuk meluncurkan ponsel kedua yang diyakini oleh banyak orang merupakan ponsel pintar flagship dengan spek papan atas. Untuk meresmikannya, HMD disebut-sebut membidik ajang MWC 2017 untuk hari bersejarah itu.

Menjelang ajang tahunan tersebut, rumor terkait perangkat yang pernah dikait-kaitkan dengan Nokia kembali mengemuka. Kandidat terkuat yang dimunculkan kembali adalah Nokia P1 yang seperti kebanyakan rumor bakal mengadopsi chipset paling baru Qualcomm, Snapdragon 835. Untuk mengimbangi daya gedor perangkat, HMD membenamkan RAM 6GB yang disempurnakan oleh memori internal super lega berkapasitas 256GB. Dengan kapasitas sebesar ini sepertinya HMD Global tak ingin repot memberikan slot microSD untuk opsi kedua saat memori internal mulai kepayahan menampung data.

Gambar render Nokia P1/Phonearena.com

Rumor yang sama juga membocorkan adanya kamera utama 22,6MP yang mengadopsi teknologi Zeiss yang nantinya akan menghuni perangkat dengan layar 5,3 inci. Layar ini memiliki resolusi antara 1080 x 1920 atau 1440 x 2560 piksel.

Menjalankan Android 7.0 Nougat, smartphone disempurnakan oleh fitur-fitur modern seperti sensor sidik jari dan sertifikat IP57 yang membuatnya bisa diajak berenang dan anti debu sebagaimana ponsel-ponsel pintar flagship lainnya. Namun untuk kapasitas baterai Anda mungkin akan mengerenyitkan dahi, pasalnya smartphone diyakini hanya mengadopsi komponen sebesar 3.500mAh yang bahkan lebih rendah ketimbang Galaxy C9 Pro yang bukan merupakan phablet flagship.

Menurut sumber, Nokia P1 bakal mengadopsi smartphone Sharp Aquos Xx3 dan akan ditawarkan dalam dua model, 128GB dan 256GB yang masing-masing dibanderol di kisaran $800 dan $950.

Sumber berita PhoneArenaΒ dan gambar header ilustrasi Lumia: Pixabay.