Categories

Gadget

Poco M3 Disingkap, Unggulkan Snapdragon 662 dan Baterai 6.000 mAh di Rentang Harga 2 Jutaan

Diklaim bisa tahan sampai 1,5 hari meski digunakan secara sangat intensif

Glenn Kaonang - 25 November 2020

2020 ini rupanya kita mendapat cukup banyak kejutan dari Poco. Setelah menghadirkan Poco F2 Pro di segmen flagship dan Poco X3 NFC di segmen menengah, Poco kembali meluncurkan smartphone yang baru lagi, kali ini untuk kelas entry-level dengan kisaran harga yang diprediksi berada di 2 jutaan rupiah.

Ponsel yang saya maksud adalah Poco M3. Berbeda dari kedua kakaknya, M3 masih mengadopsi desain layar berponi ketimbang punch hole. Layarnya sendiri merupakan panel IPS 6,53 inci dengan resolusi 2340 x 1080 pixel dan refresh rate standar 60 Hz, plus sertifikasi Low Blue Light dari TÜV Rheinland. Sebagai proteksi tambahan, Poco tak lupa melapisinya dengan kaca Gorilla Glass 3.

Urusan performa, M3 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 662, tidak ketinggalan juga RAM 4 GB dan pilihan storage internal 64 atau 128 GB. Melengkapi spesifikasinya adalah baterai berkapasitas 6.000 mAh, yang diyakini bisa bertahan sampai lima hari dalam konteks pemakaian ringan.

Kalau untuk pemakaian yang sangat intensif, Poco percaya diri M3 masih bisa mendampingi penggunanya selama sekitar 1,5 hari sebelum baterainya perlu diisi ulang. Sepintas klaimnya mungkin terdengar kelewat ambisius, tapi penggunaan layar dengan refresh rate standar setidaknya bisa menjadi indikasi akan konsumsi energinya yang efisien.

Saking melimpahnya daya baterai yang dimiliki Poco M3, ia bahkan bisa dijadikan power bank untuk perangkat lain jika diperlukan (reverse wired charging). Charging-nya sendiri sudah mendukung output maksimum 18 W, dan Poco turut membanggakan klaim bahwa kapasitas asli baterainya bisa dipertahankan sampai mendekati 2,5 tahun pemakaian.

Beralih ke belakang, modul kameranya yang begitu lebar langsung mencuri perhatian, sekaligus mengingatkan saya terhadap OnePlus 8T edisi khusus Cyberpunk 2077. Modul ini terdiri dari kamera utama 48 megapixel dengan ukuran pixel individual sebesar 0,8 μm dan lensa f/1.79, serta kamera macro dan depth sensor yang sama-sama beresolusi 2 megapixel. Poni layarnya sendiri dihuni oleh kamera selfie 8 megapixel.

Semua itu Poco sajikan dalam harga yang sangat kompetitif. Untuk pasar Amerika Serikat, Poco M3 dibanderol $149 untuk varian 4GB/64GB, atau $169 untuk varian 4GB/128GB. Belum diketahui berapa harganya di Indonesia, tapi kemungkinan besar di bawah 2,5 juta rupiah kalau kita konversikan langsung, serta kalau melihat harga Poco X3 NFC yang berada di rentang 3 jutaan.

Sumber: GSM Arena dan Poco.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id