27 March 2018

by Glenn Kaonang

Masih Nyaris Tanpa Bezel, Xiaomi Mi Mix 2S Datang dengan Kamera Ganda dan Spesifikasi Gahar

Bekal chipset Snapdragon 845 dan RAM 8 GB tidak bisa menjauhkannya dari status flagship

Awalnya digolongkan sebagai produk eksperimental, Xiaomi Mi Mix dengan cepat beralih status menjadi smartphone flagship dengan dirilisnya Mi Mix 2 pada bulan September lalu. Masuk 2018, gelar ini semakin diperkuat lewat Mi Mix 2S, yang baru saja diperkenalkan di sebuah event di kota Shanghai.

Label "S" pada namanya menandakan perombakan spesifikasi pada gaya desain yang sama. Ukuran bezel-nya masih sama persis seperti Mi Mix 2, di mana yang tersisa hanyalah bezel bawah yang harus menjadi rumah untuk kamera depan 5 megapixel. Kendati demikian, layar 5,99 incinya kini menggunakan panel AMOLED (bukan lagi IPS LCD), meski resolusinya sama (2160 x 1080).

Menggantikan Snapdragon 835 adalah chipset flagship untuk tahun ini, yakni Snapdragon 845, didukung oleh GPU Adreno 630 dan pilihan RAM berkapasitas 6 GB atau 8 GB. Opsi penyimpanan internalnya ada tiga: 64 dan 128 GB untuk varian RAM 6 GB, serta 256 GB untuk varian RAM 8 GB.

Perubahan terbesarnya terletak pada sektor kamera. Mi Mix 2S mengemas sepasang kamera belakang, masing-masing dengan lensa wide dan telephoto. Kamera utamanya (yang ditemani lensa wide f/1.8), ditenagai oleh sensor Sony IMX363 beresolusi 12 megapixel. Sensor ini cukup istimewa karena dimensi fisiknya yang cukup besar (1/2,5 inci), serta ukuran tiap-tiap pixel-nya yang mencapai angka 1,4 mikron, yang bakal membantu meningkatkan kualitas gambar di kondisi minim cahaya.

Di samping itu, Xiaomi juga bilang bahwa Mi Mix 2S telah dilengkapi sistem Dual Pixel autofocus, yang dipercaya memiliki responsivitas plus akurasi lebih tinggi. OIS 4-axis tidak dilupakan, demikian pula dengan integrasi AI yang dapat mengenali hingga 206 skenario pemotretan guna mengoptimalkan pengaturan parameternya (serta mengaktifkan Portrait Mode pada kamera depan).

Kamera satunya (telephoto) mengemas sensor 12 megapixel berukuran 1/3,4 inci, bertugas menyajikan optical zoom 2x serta efek bokeh yang dinamis. Secara keseluruhan, Mi Mix 2S memperoleh skor total 97 berdasarkan hasil pengujian DxOMark, kalau itu penting buat Anda.

Untuk pertama kalinya bagi Xiaomi, Mi Mix 2S mendukung teknologi wireless charging – bahkan varian termahalnya datang bersama wireless charger di dalam boksnya. Perangkat menjalankan MIUI 9 yang berbasis pada Android Oreo, serta telah mendukung platform ARCore. Baterainya sendiri mengusung kapasitas 3.400 mAh, sama persis seperti Mi Mix 2.

Xiaomi berencana memasarkan Mi Mix 2S dengan rincian harga sebagai berikut: 3.299 yuan (± Rp 7,2 juta) untuk varian 6 GB + 64 GB, 3.599 yuan (± Rp 7,8 juta) untuk varian 6 GB + 128 GB, dan 3.999 yuan (± Rp 8,7 juta) untuk varian 8 GB + 256 GB. Sayang sejauh ini belum ada kabar mengenai ketersediaannya di luar pasar Tiongkok, meski secara teknis perangkat bisa digunakan pada banyak jaringan LTE di berbagai belahan dunia.

Sumber: MIUI dan XDA.