Xiaomi Mi Note 10 Resmi Diluncurkan, Smartphone Pertama dengan Kamera 108 Megapixel

Xiaomi Mi Note 10 Resmi Diluncurkan, Smartphone Pertama dengan Kamera 108 Megapixel

Ia bahkan turut dilengkapi fitur Night Mode yang bekerja memanfaatkan format RAW
Mi Note 10 / Xiaomi
Mi Note 10 / Xiaomi

Tanpa harus berlama-lama, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan Mi Note 10 setelah menyingkap teaser-nya beberapa hari lalu, dan hanya selang satu hari setelah versi untuk pasar Tiongkok-nya (Mi CC9 Pro) dirilis. Sesuai ekspektasi, nilai jual utama ponsel ini terletak pada kameranya.

Sekadar mengingatkan, Mi Note 10 hadir membawa lima kamera belakang: kamera utama 108 megapixel dengan ukuran fisik sensor yang lebih besar daripada biasanya (1/1,33 inci), kamera telephoto 5 megapixel dengan 5x optical zoom, kamera wide-angle 20 megapixel, kamera portrait 12 megapixel, dan kamera macro 2 megapixel yang mampu mengunci fokus pada objek dengan jarak hingga sedekat 1,5 cm.

Seperti halnya mayoritas smartphone lain belakangan ini, Mi Note 10 turut dilengkapi fitur Night Mode. Menariknya, Xiaomi bilang fitur ini bekerja dengan menggabungkan beberapa foto dalam format RAW, bukan JPEG, yang secara teori dapat menghasilkan foto dengan detail dan dynamic range yang lebih baik.

Xiaomi Mi Note 10

Mi Note 10 mengemas notch kecil pada layarnya, dan itu menjadi rumah atas kamera selfie 32 megapixel f/2.0. Layarnya ini merupakan panel AMOLED 6,47 inci beresolusi 1080p, dan di baliknya bernaung sensor sidik jari generasi baru yang diklaim 88% lebih tipis ketimbang sebelumnya.

Dampak positif dari penggunaan sensor sidik jari baru itu adalah ruang kosong berlebih pada Mi Note 10, yang akhirnya dimanfaatkan Xiaomi untuk menjejalkan baterai berkapasitas masif: 5.260 mAh, lengkap dengan dukungan fast charging 30 W, tapi sayangnya tanpa dukungan wireless charging.

Xiaomi Mi Note 10

Urusan spesifikasi, Mi Note 10 memang belum masuk kategori flagship, namun itu bukan berarti kinerjanya otomatis loyo. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 730G yang berada di kelas menengah, ditemani oleh RAM 6 GB dan storage internal sebesar 128 GB (tanpa slot microSD).

Kalau itu dirasa kurang berpotensi, masih ada Mi Note 10 Pro yang identik namun mengemas RAM dan storage lebih besar, persisnya 8 GB dan 256 GB. Kamera 108 megapixel milik Mi Note 10 Pro juga sedikit berbeda karena didampingi oleh lensa 8P, bukan 7P seperti pada Mi Note 10 standar. Dugaan saya, lensa 8P maksudnya adalah lensa yang strukturnya terdiri dari delapan elemen.

Xiaomi berencana memasarkan Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro di negara-negara Eropa terlebih dulu. Di sana, Mi Note 10 dibanderol 549 euro (± Rp 8,5 juta), sedangkan Mi Note 10 Pro dihargai 649 euro (± Rp 10 juta).

Sumber: GSM Arena.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…