Categories

Gadget

Xiaomi Mi 5 Resmi Melenggang, Berikut Spesifikasinya

Andalkan desain elegan, chipset Snapdragon 820, dan kamera mutakhir dengan OIS 4-axis

Glenn Kaonang - 25 February 2016

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, Xiaomi akhirnya mengungkap secara resmi smartphone unggulannya untuk tahun ini. Di hadapan pengunjung event MWC 2016 di Barcelona, Hugo Barra dengan bangga memperkenalkan Xiaomi Mi 5.

Desain dan Layar

Xiaomi mengaku banyak belajar dari kesuksesan Mi Note yang dirilis tahun lalu. Desain Mi 5 banyak terinspirasi oleh Mi Note, utamanya adalah panel belakang berlapis kaca yang melengkung pada bagian sisinya. Lengkungan ini menyambung dengan mulus ke material logam yang membingkai Mi 5 secara menyeluruh.

Untuk pertama kalinya buat Xiaomi, sebuah tombol Home fisik tertanam di bawah layar Mi 5. Sesuai dugaan, tombol ini mengemas sensor pemindai sidik jari, sama seperti iPhone 6S, Samsung Galaxy S7 maupun OnePlus Two. Layarnya yang diapit oleh bezel super-tipis merupakan panel IPS 5,15 inci dengan resolusi 1080p yang diklaim tetap tampak terang di bawah terik matahari.

Secara keseluruhan, Mi 5 tampil jauh lebih elegan sekaligus ergonomis daripada Mi 4. Bobotnya cuma 129 gram, dan bodinya sangat tipis di angka 7,25 mm. Kendati demikian, kamera belakangnya tidak tampak menonjol, alias rata dengan panel belakang. Hugo Barra tidak henti-hentinya membanggakan pencapaian ini selama acara peluncuran.

Jeroan Xiaomi Mi 5

Performa kencang adalah salah satu nilai jual utama Mi 5. Dirinya ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 820, dengan prosesor quad-core 2,15 GHz, GPU Adreno 530 dan RAM 4 GB LPDDR4. Dibanding perangkat yang mengusung chipset Snapdragon 810, Xiaomi mengklaim performa Mi 5 dua kali lebih cepat. Pun begitu, konsumsi dayanya malah diyakini lebih irit.

Penggunaan Snapdragon 820 juga berarti Mi 5 telah mendukung jaringan LTE Advanced maupun teknologi VoLTE. Xiaomi tak lupa menanamkan chip NFC dan fitur quick charging lewat konektor USB-C – sayang tidak ada wireless charging.

Kamera

Seperti yang sudah disebutkan, kamera belakang Mi 5 rata dengan panel belakangnya. Padahal, Xiaomi sudah menyematkan komponen optik yang cukup mutakhir, seperti sensor 16 megapixel buatan Sony, lensa f/2.0, sistem autofocusphase-detection, kemampuan merekam video 4K 30 fps, dual LED flash, dan optical image stabilization (OIS) 4-axis.

OIS 4-axis ini merupakan inovasi yang belum kita jumpai di smartphone lain, yang biasanya hanya 2-axis. Sederhananya, kamera Mi 5 dapat meredam guncangan secara lebih efisien lagi. Untuk membuktikannya, Xiaomi telah menyertakan video demonstrasi yang menampilkan Mi 5 dan iPhone 6S Plus. Di sini kita bisa melihat betapa stabil hasil rekaman videonya meski perangkat sedang dikocok-kocok.

Untuk kamera depan, Mi 5 mengandalkan lensa f/2.0 dan sensor 4 megapixel dengan ukuran pixel yang lebih besar dibanding standar, dengan tujuan untuk menghasilkan foto selfie yang lebih detail sekaligus jernih di kondisi kurang cahaya.

Harga dan Ketersediaan

Xiaomi akan memasarkan Mi 5 dalam tiga varian. Varian yang paling mahal dijuluki Mi 5 Pro, mengemas spesifikasi di atas dan kapasitas penyimpanan 128 GB (tanpa slot microSD). Varian ini juga mengemas panel belakang yang terbuat dari bahan keramik zirconia. Harganya berkisar 2.699 yuan, atau sekitar $413.

Di bawahnya ada varian yang memakai spesifikasi serupa, tapi dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dan panel belakang kaca standar. Harganya 2.299 yuan, atau sekitar $352. Varian terakhir juga mengemas spesifikasi serupa, tapi kecepatan prosesornya sedikit diturunkan jadi 1,8 GHz dan kapasitas penyimpanannya cuma 32 GB. Harganya 1.999 yuan, atau kurang lebih $306.

Pemasarannya akan dimulai di Tiongkok terlebih dulu pada tanggal 1 Maret mendatang, lalu menyusul ke negara-negara lainnya. Mi 5 ditawarkan dalam tiga pilihan warna: hitam, putih dan emas.

Sumber: MIUI.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter