Gadget

Lensa Ini Sulap Kamera DSLR atau Mirrorless Jadi Kamera 360 Derajat

Gambar 360 derajat ditangkap secara langsung tanpa melibatkan proses stitching sama sekali

Dari sekian banyak kamera 360 derajat yang dijual di pasaran, hanya sedikit yang kualitas gambarnya benar-benar bisa dibilang bagus. Sebuah startup bernama Sphere Optics melihat kondisi ini sebagai suatu peluang; peluang untuk mengeksekusi ide nyeleneh mereka, yakni menyulap kamera DSLR menjadi kamera 360 derajat.

Buah pemikiran mereka adalah Sphere, sebuah lensa istimewa yang dapat menangkap gambar 360 derajat, yang siap dipasangkan ke berbagai kamera DSLR maupun mirrorless. Gambar yang dihasilkan memang tidak murni spherical – hanya 360 derajat horizontal dan 180 derajat vertikal – tapi semuanya dilakukan secara langsung dan tanpa melibatkan proses stitching.

Karena berwujud lensa, kualitas gambarnya pada dasarnya bergantung pada kamera yang digunakan. Sphere menggunakan mount Nikon F, tapi pengguna merek lain pasti selalu bisa ikut menikmatinya dengan bantuan adapter, apalagi mengingat mekanisme fokusnya paten alias fixed (paling optimal untuk jarak 40 inci).

Aperture-nya juga tidak bisa diubah-ubah dan selalu di angka f/8. Secara keseluruhan dimensinya cukup besar, dengan panjang 198 mm dan lebar 150 mm, serta bobot 1,8 kilogram. Sphere sejatinya bisa menjadi solusi yang cukup ideal bagi para fotografer maupun videografer yang keberatan membeli kamera terpisah hanya untuk menangkap gambar 360 derajat.

Sphere saat ini sudah dipasarkan, tapi dalam jumlah yang sangat terbatas, dan informasi harganya juga tidak untuk dibeberkan ke publik. Pengembangnya juga menyediakan opsi untuk menyewa, dan semua konsumen yang tertarik bisa menghubungi mereka lewat situs resminya. Ke depannya, Sphere juga berencana merilis lensa yang sama untuk smartphone dan GoPro.

Sumber: PetaPixel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter