Sphero BB-8 Adalah Miniatur Robot Imut dari Star Wars yang 'Memiliki Nyawa'

Sphero Ciptakan Miniatur Robot BB-8 dari Star Wars yang ‘Bernyawa’

sphero-bb8-01
sphero-bb8-01

Seperti yang kita tahu, Star Wars merupakan salah satu franchise film yang paling populer. Begitu populernya, pernak-pernik bertema Star Wars ada di mana-mana dan dalam berbagai bentuk. Sebut saja robot R2-D2, yang bisa kita dapatkan dalam wujud gantungan kunci, tas, toples sampai tong sampah.

Namun dalam seri terbarunya yang akan tayang bulan Desember nanti, rupanya ada robot baru yang dinilai lebih imut ketimbang R2-D2. Bernama BB-8, robot bertubuh bulat tersebut sudah bisa kita lihat berkeliaran dalam trailer The Force Awakens sejauh ini. Para penggemar pun langsung heboh, dan tidak sedikit yang langsung jatuh cinta dengannya.

Meski The Force Awakens belum dirilis, Disney selaku pemegang franchise Star Wars rupanya punya sedikit kejutan buat para penggemar BB-8. Mereka bekerja sama dengan perusahaan pencipta robot mainan sekaligus media pembelajaran, Sphero. Dalam rangka merayakan Force Friday pada tanggal 4 September kemarin, keduanya memperkenalkan Sphero BB-8.

Info menarik: 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Star Wars: The Force Awakens

Sphero BB-8 tidak lain dari sebuah robot mainan. Ia tidak bisa Anda suruh mengambil minuman atau membukakan pintu. Robot ini murni dibuat untuk memenuhi obsesi Anda menjadi pemilik BB-8, menghidupkan perilaku konyolnya yang sebelumnya cuma bisa kita nikmati di depan layar.

Sphero sendiri sudah menjajakan robot buatannya sejak lama. Akan tetapi BB-8 ini bukan semata versi terbatas dari robot buatan Sphero yang diberi cat bermotif lalu dipasangi kepala. Tim pengembangnya mengaku menghabiskan 10 bulan untuk ‘menghidupkan’ BB-8, merombak komponen-komponen elektronik di dalamnya sehingga jarak tempuhnya bisa mencapai sekitar 30 meter.

sphero-bb8-02

Sphero BB-8 bisa dikontrol menggunakan smartphone atau tablet (Android dan iOS) yang terhubung via Bluetooth. Ia juga bisa menerima perintah suara sederhana seperti “Go forward” dan sebagainya. Atau pengguna juga bisa mengaktifkan mode patroli otomatis, dimana Sphero akan berkeliaran dengan sendirinya selagi mengeluarkan suaranya yang terdengar lucu.

Info menarik: Fans Star Wars, Ayo Rakit Lightsaber Anda sendiri

Bagian kepala Sphero BB-8 sebenarnya hanya bersifat dekoratif. Yang artinya tidak ada modul kamera yang berperan sebagai indera penglihatan bagi robot imut tersebut. Untuk mengenali sekitarnya, BB-8 memanfaatkan sederet sensor seperti accelerometer dan gyroscope, tetapi hal ini tidak akan mencegahnya menabrak tembok.

sphero-bb8-03

Di saat yang sama, tim Sphero juga telah memutar otak guna menciptakan mekanisme magnet khusus sehingga kepalanya bisa terus berada di atas dan tidak terjatuh selagi BB-8 bergerak.

sphero-bb8-04

Fitur menarik lain yang ditawarkan Sphero BB-8 adalah pesan hologram. Well, bukan hologram yang sebenarnya, tetapi lebih ke konten augmented reality di smartphone, dimana Anda mengarahkan kamera smartphone ke BB-8, lalu sang robot akan tampak sedang memproyeksikan hologram berwarna biru di layar.

Info menarik: Anda Kini Bisa Berkirim Emoji Star Wars di iMessage

Sphero BB-8 memang hanyalah sebuah mainan, tetapi tentu saja sangat mengundang bagi para penggemar Star Wars. Sphero sendiri mematok harga $150 untuk robot imut tersebut, dan dipasarkan melalui toko online-nya maupun di toko-toko retail seperti Apple Store.

Harganya bisa dibilang cukup mahal untuk sebuah mainan, tapi tidak cukup mahal untuk menyetop antusiasme para penggemarnya; stok Sphero BB-8 dikabarkan sudah habis di Tokyo.

Kalau Anda masih ragu dengan keimutannya, coba tonton video promosinya di bawah ini. Kemudian simak juga video demonstrasinya yang dirilis oleh The Verge dan TechCrunch.



Sumber: The Verge dan Wired.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…