Categories

Gadget

Sphero Indi Ajarkan Dasar-Dasar Coding ke Anak-Anak Tanpa Melibatkan Screen Time

Begitu dikeluarkan dari boks, Indi bisa langsung dipakai untuk bermain dan belajar

Glenn Kaonang - 24 May 2021

Anak-anak zaman sekarang tidak kekurangan permainan edukatif untuk melatih dasar-dasar robotik dan pemrograman. Masalahnya adalah, sering kali permainan-permainan tersebut masih mengharuskan anak-anak untuk menatap layar, dan di luar sana ada banyak orang tua yang berusaha sekeras mungkin untuk mengurangi screen time masing-masing anaknya.

Alternatifnya, mereka bisa melirik robot bernama Sphero Indi berikut ini. Sphero bukanlah nama yang asing di bidang robotik maupun permainan STEAM, dan mereka merancang Indi untuk melatih kemampuan problem solving anak-anak tanpa harus menambah waktu mereka menatap layar smartphone atau tablet.

Begitu dikeluarkan dari boksnya, Indi bisa langsung dipakai untuk bermain dan belajar. Robot berbentuk mobil ini dapat diprogram untuk bergerak menggunakan 20 kartu berwarna yang termasuk dalam paket penjualannya. Masing-masing warna yang dilewati akan diterjemahkan secara berbeda oleh Indi; misalnya warna biru berarti ia harus belok ke kanan 90°, sedangkan warna oranye berarti saatnya untuk belok ke kiri 45°. Kartu-kartunya sendiri terbuat dari bahan silikon yang tahan lama.

Indi menjanjikan sesi bermain secara fisik yang sangat interaktif, bahkan sejak awal anak-anak mempelajari bagaimana Indi bereaksi terhadap masing-masing warna. Meski begitu, Indi juga tetap bisa mengakomodasi anak-anak berusia lebih tua yang mungkin memerlukan tantangan ekstra, asalkan orang tuanya tidak keberatan dengan sedikit porsi screen time.

Menggunakan aplikasi pendamping bernama Sphero Edu Jr, mereka dapat memprogram Indi lebih jauh lagi, mulai dari mengirimkan instruksi secara langsung, atau dengan cara memprogram ulang reaksi Indi terhadap masing-masing kartu berwarna tadi. Andai semuanya sudah terasa membosankan, Indi pun dapat diperlakukan layaknya mobil R/C dengan kontrol yang intuitif menggunakan aplikasi yang sama.

Indi menggunakan baterai rechargeable, dan ia dapat diisi ulang menggunakan kabel USB. Sayang sekali Sphero tidak merincikan seberapa lama baterainya bisa bertahan dalam sekali pengisian.

Rencananya, Sphero Indi akan dijual dengan harga $125. Pemasarannya dijadwalkan berlangsung di bulan September, akan tetapi Sphero sudah menerima pre-order mulai sekarang.

Sumber: Gizmodo dan Sphero.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter