Categories

Mobile

Spotify Hadirkan Fitur Baru, Release Radar

Release Radar memberikan rekomendasi lagu-lagu baru yang relevan kepada pengguna

Bambang Winarso - 8 August 2016

Layanan musik streaming Spotify kembali menelurkan fitur baru yang diberi nama Release Radar. Fitur baru ini bekerja dengan cara melakukan pembaruan terhadap daftar putar (playlist) secara rutin pada hari Jumat. Daftar putar yang direkomendasikan diambil dari musik-musik terbaru yang dianggap relevan dengan pendengar. Khususnya dari penyanyi yang sudah ada di dalam koleksi album sebelumnya. Panelnya sendiri dapat Anda jumpai di bagian Discover – New Release For You.

Release Radar yang dapat Anda jumpai di menu Discover – New Release For You akan mengumpulkan lagu pendatang baru dari artis yang Anda gemari dengan durasi lebih dari dua jam penuh. Fitur ini juga dirancang untuk memperkenalkan musik baru dengan menganalisa kebiasaan pendengar selama menggunakan Spotify.

Dalam beberapa tahun ke belakang, pengguna Spotify sudah dimanjakan oleh fitur serupa Discover Weekly. Sebuah daftar putar yang memberikan rekomendasi lagu dari artis baru dan lagu single yang mungkin disukai setiap hari Senin. Dengan tibanya Release Radar, kini pengguna dapat menikmati musik-musik yang relevan dengan upaya seminimal mungking, tanpa banyak menghabiskan waktu dalam memilih genre ataupun judul.

Dalam rilis resminya, Senior Product Owner Matt Ogle mengatakan bahwa Spotify kedatangan lagu baru setiap minggu dalam jumlah yang sangat banyak. Tanpa bantuan, pengguna akan kesulitan mengikutinya satu per satu. Untuk itu, Spotify ingin menciptakan cara yang paling mudah bagi penggunanya dalam menemukan musik-musik terbaru.

Fitur semacam ini bukan hanya menjadi fokus bagi Spotify. Layanan streaming musik populer lainnya juga terus mengembangkan inovasi serupa. Apple Music misalnya mempunyai fitur bernama “For You” yang mengakumulasikan rekomendasi berdasarkan rating dan seberapa sering ia diputar oleh pengguna. SoundCloud juga punya fitur yang hampir serupa bernama Suggested Track.

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter