15 September 2017

by Glenn Kaonang

Spotify Luncurkan Aplikasi untuk iMessage

Pengguna dapat mencari lagu apapun dari katalog Spotify dan membagikannya ke pengguna iOS lain tanpa perlu meninggalkan iMessage

Tanpa mengumumkan secara resmi, Spotify diam-diam baru saja meluncurkan sebuah aplikasi khusus untuk iMessage. Seperti yang kita tahu, sejak iOS 10 iMessage telah dibekali app store mininya sendiri, dan kini Spotify akhirnya juga tersedia sebagai salah satu opsi yang bisa diunduh.

Secara mendasar, aplikasi iMessage Spotify ini punya fungsi yang mirip dengan extension-nya untuk Facebook Messenger, minus kemampuan untuk menciptakan playlist bersama pengguna lain. Yang diprioritaskan oleh Spotify di sini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna perangkat iOS untuk saling berbagi lagu dari katalog milik layanan streaming musik tersebut.

Fungsi serupa sebenarnya juga sudah tersedia sejak lama pada aplikasi iMessage Apple Music. Namun yang membedakan, aplikasi milik Apple Music hanya memperbolehkan pengguna untuk membagikan beberapa lagu terakhir yang mereka putar saja, sedangkan aplikasi milik Spotify memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian lagu secara menyeluruh dan membagikan pilihannya.

Perbedaan selanjutnya terkait pada integrasi Apple Music pada iOS yang jelas lebih mendalam, sebab sang penerima pesan dapat langsung memutar lagu yang dibagikan lawan bicaranya tanpa perlu meninggalkan iMessage sama sekali – dengan catatan ia juga merupakan pelanggan Apple Music.

Untuk aplikasi iMessage Spotify ini, yang dibagikan hanya sebatas preview berdurasi 30 detik, akan tetapi dengan satu tap saja sang penerima pesan bisa langsung memutar versi penuhnya di aplikasi Spotify sendiri. Terlepas dari itu, ini jelas merupakan cara yang lebih praktis untuk berbagi lagu ketimbang melalui opsi sharing pada aplikasi Spotify.

Sumber: TechCrunch dan MacRumors.