2 July 2018

by Bambang Winarso

Hanya Berukuran 15MB, Spotify Lite Tersedia di Play Store

Sayang Spotify Lite belum tersedia di Indonesia, masih dalam tahap pengujian

Aplikasi Spotify Lite tiba-tiba muncul di lapak aplikasi Play Store, melanjutkan tren aplikasi yang menawarkan versi ramping untuk pengguna dengan perangkat minimalis baik data ataupun spesifikasi. Spotify Lite tidak terkecuali, yang artinya ketersediaan aplikasi juga akan dibatasi hanya untuk beberapa negara saja.

Aplikasi Spotify asli membutuhkan sekitar 100 MB ruang simpan dan akan makin besar jika pengguna menggunakan fitur offline. Sedangkan aplikasi Spotify lite hanya membutuhkan sekitar 15MB atau hanya 15% dari aplikasi asli. Aplikasi ini memiliki hampir semua fitur yang diperlukan tetapi tidak menawarkan fitur Spotify Connect dan pemilihan kualitas suara. Selain itu, aplikasi Spotify lite juga tidak mengizinkan pengguna untuk mengunduh lagu dan mendengarkan musik secara offline. Spotify belum berbagi alasan mengapa mereka tidak mengizinkan pengguna untuks mengunduh lagu, tetapi saya menduga ada hubungannya dengan ruang penyimpanan.

Tujuan utama dari aplikasi Lite adalah menghadirkan pengalaman yang sama di perangkat dengan spesifikasi seadanya, dan tentunya untuk mengurangi penggunaan data. Pendekatan serupa digunakan oleh Google dan Facebook dengan aplikasi โ€œGoโ€ dan โ€œLite-nyaโ€, memungkinkan aplikasi untuk digunakan dengan koneksi internet yang lambat dan kuota data yang terbatas.

Aplikasi Lite telah menerima sejumlah rating dan ulasan positif dan negatif di Google Play Store, yang menunjukkan adanya respon beragam dari pengguna. Namun tujuan utama pembuatan sepertinya tercapai, yaitu aplikasi yang cepat dan ringan. Penting juga untuk menegaskan bahwa Spotify lite masih dalam tahap pengujian, jadi bisa jadi di masa mendatang Spotify akan menghadirkan fitur-fitur penting lainnya. Fitur offline mungkin saja dihadirkan mengingat Spotify memungkinkan pengguna menyimpan berkas musik di memori eksternal.

Sumber berita Ubergizmo.

Application Information Will Show Up Here