Categories

Mobile

Pelanggan Spotify Premium Kini Bisa Menikmati Tampilan Baru Aplikasi yang Lebih Simpel dan Mudah Dinavigasikan

Browse dan Radio dilebur ke dalam Search, dan Radio kini dapat dinikmati secara offline jika mau

Glenn Kaonang - 19 October 2018

Ada yang baru dari Spotify, khususnya buat para pelanggan paket Premium-nya. Layanan streaming asal Swedia itu telah merombak tampilan aplikasi Android dan iOS-nya menjadi lebih simpel sekaligus lebih mudah dinavigasikan.

Yang langsung kelihatan adalah berkurangnya jumlah tab navigasi di bagian bawah dari lima menjadi tiga. Ketiganya adalah "Home", "Search", dan "Your Library". Ke mana "Browse" dan "Radio" pergi? Keduanya telah dilebur menjadi satu ke dalam Search.

Ya, ketimbang hanya menampilkan hasil pencarian sebelum-sebelumnya saja, Search kini turut menampilkan deretan genre favorit masing-masing pengguna (yang akan terus diperbarui mengikuti riwayat penggunaan), diikuti oleh deretan kategori yang biasa kita jumpai pada tab Browse (Charts, New Releases, Podcasts, dll).

Radio di sisi lain akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian terhadap suatu lagu atau musisi. Spotify juga telah memperbarui algoritmanya supaya Radio dapat terus diputar tanpa henti tanpa melenceng dari selera masing-masing pengguna.

Pengguna pun tidak perlu khawatir bakal bosan dengan sajian Radio, sebab algoritma Spotify akan terus memperbarui isinya dari waktu ke waktu. Juga baru adalah, Radio kini bisa diunduh dan dinikmati secara offline, sama kasusnya seperti playlist biasa.

Pembaruan yang diterapkan terhadap fitur Radio ini pada dasarnya terinspirasi oleh Pandora, layanan streaming musik lain yang cukup populer di Amerika Serikat, dengan fokus pada penyajian konten layaknya stasiun radio.

Update Spotify Premium untuk Android dan iOS ini sudah diluncurkan secara global. Namun di perangkat iOS 12 yang saya gunakan rupanya masih belum. Sepertinya peluncurannya dilakukan secara bertahap dan tidak langsung bersamaan di semua negara.

Sumber: Spotify.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter