2 February 2018

by Glenn Kaonang

Sasar Kalangan Gamer, Spotify Kini Terintegrasi dengan Aplikasi Chatting Discord

Mendengarkan soundtrack suatu game bersama-sama bisa dilakukan dengan mudah, dengan catatan semuanya merupakan pelanggan Spotify Premium

Mungkin tidak banyak pengguna yang tahu, akan tetapi Spotify mempunyai koleksi soundtrack video game yang cukup lengkap – Cuphead dan The Sims lawas adalah favorit saya. Maka dari itu, cukup masuk akal apabila Spotify memutuskan untuk menggandeng brand yang cukup dikenal di kalangan gamer, yakni platform chatting Discord.

Kemitraan ini membuahkan integrasi Spotify di aplikasi Discord. Pengguna Discord yang juga merupakan pelanggan Spotify Premium dapat menyambungkan akunnya, lalu menikmati alunan musik bersama rekan-rekannya selagi mendiskusikan sesi gaming mereka – dengan catatan semua yang terlibat sudah berlangganan Spotify Premium.

Informasi lagu yang sedang diputar akan muncul di profil sekaligus profil mini masing-masing pengguna. Dari situ pengguna lain juga dapat memutar lagu yang sama dengan satu klik, atau mengundangnya untuk mendengarkan bersama-sama.

Product Director Spotify, Mikael Ericsson, mengatakan bahwa, "Ini merupakan langkah alami untuk menyoroti pentingnya musik sebagai bagian integral dari pengalaman gaming." Musik dan game memang memiliki keterikatan yang cukup kuat, sama seperti bagaimana musik dapat memberikan karakter tersendiri pada suatu film.

Bagi Spotify, kerja sama ini bisa dilihat sebagai salah satu upaya mereka untuk mempromosikan layanannya ke kalangan gamer. Kontennya mereka sudah punya, tinggal bagaimana caranya mereka bisa menarik lebih banyak audiens, dan Discord adalah medium yang tepat seiring dengan bertambah populernya layanan tersebut.

Sumber: Spotify.