1. Startup

Spotted : Sponsored Trending Topic

Seperti yang dispekulasikan beberapa pihak, ternyata benar adanya bahwa Twitter akan menjual spot untuk advertiser masuk ke Trending Topic milik Twitter. Advertiser pertama yang bisa dilihat sekarang adalah Toy Story 3, yang memang hype-nya lagi lumayan tinggi bagi para pecinta film. Sebelumnya memang banyak pihak yang telah melihat adanya kemungkinan strategi ini diterapkan oleh Twitter sejak tim engineernya mulai serius "membersihkan" trending topic. Dan juga melihat banyaknya brand yang mati-matian masuk menjadi Trending Topic atau sekedar spamming di trending topic.

Sebenarnya ini jadi masalah juga untuk Twitter, Trending Topic yang sekarang masih belum begitu bersih dari spamming yang menjadi noise di Twitter. Hal ini menjadi PR besar untuk Twitter agar mampu menjual Trending Topic dengan lebih baik kepada para advertiser. Soal impact dari Trending Topic ini sih bisa dipastikan mampu membuat server anda kewalahan, kalau Kaskus saja bisa membuat server anda down, apalagi Twitter trending topic?

Menjual trending topic memang sebuah strategi yang menurut saya sangat relevan untuk Twitter, disamping impactnya yang sangat besar namun juga tidak terlalu disruptive bagi pengguna. Lebih baik daripada meletakkan rich media banner di situs Twitter ataupun promoted Tweet yang diselipkan diantara timeline. Masuknya cenderung lebih subtle namun tetap high impact, hampir sama dengan meletakkan sponsored tweets di search results seperti yang dilakukan Google dengan Google AdSense.

So, bagaimana menurut anda? Apakah Sponsored Trending Topic ini menganggu anda? Atau justru ini strategi yang bagus untuk Twitter menghasilkan uang?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again