Square Enix Montreal Berhenti Kerjakan Seri Game GO

Square Enix Montreal Berhenti Kerjakan Seri Game GO

Penyebabnya sedikit banyak adalah tren game free-to-play yang terus meningkat pesat
Hitman GO / Square Enix Montreal
Hitman GO / Square Enix Montreal

Suka atau tidak, free-to-play (F2P) adalah masa depan industri gaming, terutama di ranah mobile. Model bisnis seperti ini sejatinya merupakan win-win solution bagi konsumen dan developer: konsumen senang karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bermain, sedangkan developer senang karena bisa meraup untung lebih banyak dari pemain yang bersedia mengucurkan dana.

Memangnya seberapa besar untung yang bisa didapat dari game F2P? Coba tanya ke Epic Games selaku developer Fortnite Battle Royale. Hanya sebulan setelah versi mobile-nya dirilis, nilai pemasukannya sudah mencapai angka $15 juta. Yang lebih mengejutkan lagi, itu baru di iOS saja, sebab versi Android-nya masih belum siap.

Oke, angka sefantastis ini mungkin hanya berlaku ketika model bisnis F2P dikawinkan dengan genre battle royale, tapi intinya F2P merupakan bisnis yang sangat menggiurkan bagi developer game. Jadi jangan salahkan kalau ke depannya populasi game mobile premium makin menipis.

Lara Croft GO / Square Enix Montreal
Lara Croft GO / Square Enix Montreal

Salah satu yang terkena dampaknya adalah seri game “GO” besutan Square Enix Montreal. Berbicara kepada PC Games Insider, Patrick Naud selaku pimpinan studionya mengungkapkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan seri ini ke depannya. Atau dengan kata lain, tidak akan ada lagi game GO untuk franchise lain selain tiga yang sudah ada, yaitu Hitman, Tomb Raider dan Deus Ex.

Tiga game tersebut, Hitman GO, Lara Croft GO dan Deus Ex GO, terbukti berhasil menuai pujian dari banyak pihak, baik dari segi gameplay maupun visualnya yang unik. Pemasukannya pun tergolong lumayan kalau kata Patrick. Akan tetapi jumlah pemainnya terbilang sedikit, dan penyebabnya tidak lain dari harga yang harus dibayar saat hendak mengunduh game, meski mungkin hanya sekitar $5 saja.

Deus Ex GO / Square Enix Montreal
Deus Ex GO / Square Enix Montreal

Patrick lanjut menjelaskan bahwa konsumen sekarang memiliki banyak pilihan game bagus yang bisa dimainkan secara cuma-cuma. Sederhananya, kenapa harus membayar ketika ada yang gratis? Mindset seperti ini mungkin terkesan negatif, tapi pada kenyataannya tidak sedikit game F2P yang benar-benar bagus, seperti salah satunya Fortnite itu tadi.

Kendati demikian, ini bukan berarti Square Enix Montreal sudah benar-benar menyerah di ranah game mobile. Mereka masih akan terus berkarya, hanya saja seri GO tidak akan dilanjutkan. Jujur saya sedikit sedih, sebab Hitman GO dan Lara Croft GO terbukti sangat adiktif sampai-sampai Square Enix Montreal memutuskan untuk menggarap versi console dan PC-nya.

Sumber: Pocket Gamer via Variety.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…