1. Lifestyle

Star Citizen Garapan Chris Roberts Membidik Sembilan Belas Juta Dolar

Kickstarter adalah surga para desainer game independen. Beberapa developer memulai kisah suksesnya melalui platform ini, Torment: Tides of Numenera, Wasteland 2, Project Eternity, semua mampu meraup ratusan ribu dolar dalam waktu beberapa jam. Namun mereka semua tampak kecil jika dibandingkan dengan apa yang telah diraih Star Citizen, game garapan Chris Roberts ini memiliki target stretch baru sebesar US$ 18 juta.

Pada awal kampanyenya, Chris Roberts menggoda kita dengan sebuah janji: "Ruang angkasa luas, dengan ratusan sistem tata surya, dimana Anda bisa memiliki pesawat ruang angkasa sendiri - dari pesawat fighter kecil hingga pesawat induk yang memiliki belasan hangar." Jika janji ini hanya diucapkan oleh seorang desainer game pemula, mungkin gamer tidak akan mengindahkannya. Tetapi tentu Roberts bukanlah orang sembarangan, ia adalah desainer yang pertama kali mempopulerkan genre space simulation dengan seri Wing Commander yang legendaris.

Star Citizen melewati batas US$ 15 juta di awal Agustus, namun kini total dana game ini mencapai US$ 17. Dari laporan The Escapist Magazine, Chris sangat berterimakasih pada para pendukung. "Kekuatan komunitas sangatlah mengagumkan," tapi ia juga melanjutkan, "Star Citizen masih memiliki target yang harus dicapai hingga benar-benar terpenuhi."

Sebelumnya Chris Roberts memperkirakan bahwa tim pimpinannya di bawah bendera Robert Space Industries membutuhkan dana kurang lebih US$ 20 hingga US$ 22 juta untuk merampungkan Star Citizen. Dalam laman resmi RSI ia memberi komentar dengan antusias, "Berdasarkan perkiraan sementara, kami cukup yakin Star Citizen akan mencapai target tepat pada waktunya. Bahkan mungkin sebelum akhir tahun ini."

Tampaknya target 20 juta dolar ini juga mendapatkan sedikit penyeimbangan, saat ini target tertinggi diset di titik US$ 19 juta. Tentu saja ia harus lebih dulu mencapai US$ 18 juta, dan jika ia berhasil, Roberts Space Industries menjanjikan sistem tata surya eksklusif bagi para backer Star Citizen sebelum ia diluncurkan.

Jika Anda bingung mengapa kampanye Kickstarter Star Citizen bisa sukses sekali, Anda harus mengerti bahwa ia bukanlah sekedar game - namun sebuah ekosistem dinamis dan konten berbasis player. Trailer-nya bisa Anda nikmati di bawah ini via channel IGN di YouTube (semuanya adalah bagian dari gameplay, bukan CG, dipersenjatai CryEngine 3.0):

Untuk saya sendiri, Star Citizen harus sukses. Bukan hanya demi para backer dan tim developer yang telah bekerja keras mati-matian untuk menghadirkannya, tapi juga untuk genre game ini sendiri: Simulasi ruang angkasa adalah genre yang sekarat, saya berharap dengan keberhasilan Star Citizen, kepopularitasannya bisa kembali bangkit.

Jika Anda tertarik untuk mendukungnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi Roberts Space Industri atau mengunjungi laman Kickstarter-nya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again