Maret lalu, penggemar berat game strategi dibuat meloncat kegirangan saat Blizzard mengumumkan rencananya untuk merilis StarCraft: Remastered, 19 tahun setelah game tersebut pertama dirilis. Bulan depan, tepatnya mulai 14 Agustus, penantian panjang mereka akan segera terbayarkan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, StarCraft: Remastered merupakan modernisasi dari game RTS (real-time strategy) klasik, dengan fokus pada aspek grafik, audio dan fitur lainnya, selagi mempertahankan gameplay-nya yang hingga kini masih menuai banyak pujian. Narasinya pun tidak berubah, masih mengisahkan peperangan antara tiga spesies makhluk hidup: Terran (manusia), Protoss dan Zerg.

Yang berubah drastis adalah grafiknya. StarCraft: Remastered tidak lagi kelihatan pixelated, malahan Anda bisa memainkannya dalam resolusi 4K – meski masih bergaya 2D – dan game pun juga akan berjalan optimal di monitor widescreen. Sound effect maupun musik dalam game juga turut disempurnakan supaya headset mahal yang Anda pakai tidak ikut terkesan kuno.

Perbandingan kualitas grafik StarCraft orisinil (kiri) dan StarCraft: Remastered (kanan) / Blizzard
Perbandingan kualitas grafik StarCraft orisinil (kiri) dan StarCraft: Remastered (kanan) / Blizzard

Tidak kalah menarik adalah sistem matchmaking dan leaderboard baru. Matchmaking-nya ini juga mencakup StarCraft orisinil, yang berarti pembeli StarCraft: Remastered masih bisa bermain bersama mereka yang enggan membayar ekstra untuk versi modernnya.

Bagi yang merindukan grafik pixelated StarCraft orisinil, mereka ternyata bisa berganti dari Remastered ke yang asli hanya dengan satu klik tombol. Terakhir, modernisasinya ditutup oleh fitur penyimpanan progress campaign berbasis cloud, dukungan hotkey dan replay.

StarCraft: Remastered akan tersedia untuk platform Windows maupun Mac dengan banderol $15 – sudah mencakup expansion pack Brood War. Bagi yang melakukan pre-order, mereka akan menerima bonus tiga skin eksklusif untuk beragam bangunan dalam game.

Sumber: Blizzard.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.