15 September 2015

by Glenn Kaonang

Start A Fire Bantu Anda Bangun Reputasi di Media Sosial Lewat Link Viral

Pernahkah Anda bertanya-tanya, “Siapa yang mulai menyebarkan video kucing lucu yang membuat saya terbahak-bahak ini?” Jawabannya mungkin sulit dilacak, karena kemungkinan besar link video tersebut sudah disebarkan dari satu tangan ke tangan lainnya.

Oke lah, kredit semacam ini mungkin bisa Anda anggap tidak begitu penting. Tetapi buat beberapa publisher yang tugasnya membuat kurasi artikel, seperti Techmeme contohnya, mereka tentu saja ingin membangun reputasi brand-nya sebagai pembagi macam-macam link yang viral.

Sebuah startup asal Israel ingin menawarkan solusi. Mereka membangun sebuah platform bernama Start A Fire. Tujuannya? Memberikan kredit bagi sang pembagi linkviral yang pertama.

Info menarik: Dengan Extension Chrome Ini, Anda Bisa Menonton Video YouTube Tanpa Meninggalkan Twitter

Cara kerjanya sederhana: Start A Fire memungkinkan Anda untuk membagikan custom link di media sosial atau melalui email newsletter. Selagi link tersebut berpindah tangan, akan tertera sebuah badge bertuliskan “Shared by (MASUKKAN NAMA ANDA)”. Jadi kalau Anda yang pertama membagikan link tersebut sebelum menjadi viral, nama Anda akan terus terpampang dan diketahui banyak orang.

Start A Fire memang ditargetkan untuk pihak publisher karena juga menawarkan analytics tool. Kendati demikian, seorang blogger yang tengah membangun reputasi pun juga bisa memanfaatkan layanan ini sebagai bentuk promosi blog-nya.

Saat ini Start A Fire masih memerlukan undangan khusus untuk bisa digunakan. Anda bisa mendaftar langsung di situsnya. Berita baiknya, sang pengembang menjamin layanannya akan terus gratis sepanjang waktu.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: Viral video via Shutterstock.