Catatan editorial: Setelah membahas rencana marketing untuk startup anda, kini Andy Santoso kembali menulis mengenai peranan agensi digital marketing untuk bisnis anda. Kian banyak startup Indonesia yang menggunakan jasa agensi digital, namun kurang memahami porsi sebenarnya dari agensi itu sendiri. Andy akan membantu anda menjawab pertanyaan apakah anda membutuhkan agensi atau anda kerjakan sendiri?

Setelah minggu lalu kita membahas mengenai bagaimana menyusun rencana pemasaran yang cocok untuk bisnis Anda, pertanyaan yang muncul berikutnya adalah apakah perusahaan anda membutuhkan agensi pemasaran digital atau anda beserta tim internal anda bisa melakukannya sendiri?

Agensi pemasaran digital adalah sebuah tim yang menawarkan jasa untuk membantu perusahaan anda dalam membuat rencana dan mengeksekusi program marketing melalui media digital. Di sini kuncinya adalah tim, rencana, dan eksekusi program pemasaran media digital.

Tim
Apakah saat ini anda mempunyai tim internal dengan sumber daya yang cukup? Sumber daya disini adalah tenaga, waktu, kemampuan, dan pengalaman. Apakah anda mempunyai jumlah orang yang cukup dengan waktu khusus untuk mengelola dan orang tersebut mempunyai keahlian dan pengalaman di bidang pemasaran digital?

Terutama untuk keahlian dan pengalaman seseorang di bidang tersebut, cobalah untuk benar-benar memastikan apakah orang yang dimaksud benar-benar mengerti mengenai pemasaran digital atau hanya selama ini hanya sebagai pengguna layanan digital saja? Apakah dia memahami ekosistem dunia digital untuk mencapai tujuan pemasaran anda? Apakah dia mengerti perilaku pengguna layanan digital di setiap platform? Apakah dia mengerti kekuatan dan kelemahan masing-masing platform untuk kegiatan pemasaran Anda?

Rencana
Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, rencana pemasaran digital melibatkan banyak faktor untuk mencapai tujuan pemasaran anda. Apakah anda mempunyai tim yang bisa membuat rencana pemasaran digital anda? Apa ide atau konsepnya? Apa tujuannya? Apa saja yang harus disiapkan seperti pemilihan media, aktifitas digital & produksi kreatif? Bagaimana anda menyiapkan semua itu? Siapa mengerjakan apa? Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Eksekusi
Tim sudah siap, rencana sudah ada, lalu saatnya eksekusi, apakah anda mempunyai orang yang bisa mengeksekusi rencana tersebut? Siapa yang melakukan planning & buying medianya? Siapa yang membuat asset kreatifnya? Siapa yang akan memonitoring dan melakukan optimisasi/perbaikan? Siapa yang akan mengukur hasilnya? Apakah orang tersebut sudah pernah melakukannya atau baru akan melakukan untuk yang pertama kali?

Media Digital
Kata media digital sangat umum terdengar, pertanyaannya apakah anda mempunyai orang yang benar-benar memahami media digital untuk mendukung program marketing anda? Media digital tidak hanya sekedar Facebook, Twitter, dan Path. Orang tersebut harus mengetahui platform lain seperti Search Marketing, Email Marketing, News Media, Ad Network, Mobile Marketing, selain media sosial tentunya. Bahkan juga mengerti integrasi atau cross platform antara pemasaran tradisional dengan digital yang memanfaatkan kemajuan teknologi, mengetahui kesempatan dan kelemahan setiap platform untuk mengambil kesimpulan dalam memilih platform mana yang akan dipakai.

Kedengerannya rumit? Ya selama tujuh tahun pengalaman saya di dunia digital, pemasaran digital memang lebih rumit dibanding tradisional karena sifatnya yang bisa diukur dan dioptimalkan ketika programnya akan/sudah berjalan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bandingkan dengan media tradisional yang biasanya setelah berjalan kita hanya bisa berdoa menunggu hasil.

Kembali ke pertanyaan di atas, apakah anda membutuhkan agensi pemasaran digital? Tidak jika anda bisa menangani semua loin di atas dengan baik. Ya jika anda tidak bisa menangani semua poin diatas dengan baik.

Perlu diingat bahwa program pemasaran Anda biasanya akan mengeluarkan dana yang cukup besar, sehingga jangan pernah berpikiran untuk sedikit menghemat dengan melakukannya semua sendiri tetapi tidak memiliki sumber daya yang cukup, karena efeknya adalah program pemasaran anda akan gagal dengan biaya besar yang sudah terbuang dan bisa menimbulkan efek negatif atau kerugian di bidang lain atau ke depannya.

Selamat mempertimbangkan!

Andy Santoso adalah founder BigEvo: Google Speciallist Agency dan Digital Marketing Consultant, sempat merasakan bekerja di Google sebagai Industry Head & Yahoo sebagai Senior Sales Manager, lebih dari 7 tahun berkecimpung di dunia digital marketing. Anda bisa melihat profilenya di LinkedIn atau mengikuti twitternya di @ndysantoso