Categories

Berita

Beberapa Startup Indonesia Berusaha Mengelabui Anda Hari Ini

Avi Tejo Bhaskoro - 1 April 2014

Jika Anda dalam satu hari ini melihat hal-hal aneh yang beredar di seputar jagat maya, terlebih pada situs-situs startup lokal, maka ketika Anda membaca tulisan ini Anda harus mengecek kembali kalender yang ada di layar komputer atau yang terpampang di dinding. Sebab hari ini adalah tanggal 1 April alias April Mop (hari bohong sedunia). Ingin tahu situs mana saja yang berusaha mengelabui hari Anda? Berikut beberapa situs yang kami temukan.

TokoBagus – Buka kategori jodoh
Kategori “terbaru” dari TokoBagus ini mungkin pas bagi Anda yang putus asa dalam percintaan. Betapa tidak, lewat halaman resminya, TokoBagus menawarkan layanan menjual pasangan Anda yang tidak terpakai (mantan) tetapi masih dalam kondisi layak pakai. Selain jual-beli calon jodoh, TokoBagus juga membuka layanan konsultasi cinta dan aplikasi yang bernama WajahBagus! Semuanya total bohong. Bagi Anda yang terlanjur kecewa, ada baiknya Anda mengunjungi startup yang benar-benar mengurusi permasalahan ini seperti Setipe atau PerfectMatchJakarta.

TouchTen – Akuisisi situs e-commerce palsu Omar Online Shop
“Penipuan” yang dilakukan oleh TouchTen memang tak sesadis dengan apa yang dilakukan oleh TokoBagus. Namun, kebohongan yang dilakukan TouchTen cukup mengundang senyum yang lebar. TouchTen mengumumkan telah mengakuisisi salah satu e-commerce yang bernama Omar Online Shop (OOS). E-commerce yang dimaksud tidaklah nyata, namun lewat video inie-commerce tersebut serasa memang benar ada.

DapurMasak – Luncurkan identitas “baru” yang lebih maskulin
Melalui survei yang dilakukan sendiri, DapurMasak menemukan bahwa sebanyak 75% penggunanya datang dari kaum lelaki jomblo. Maka dari itu, pihak DapurMasak merasa perlu untuk mengubah logo untuk mencerminkan nuansa yang lebih maskulin dari sebelumnya. Juga melalui blognya, DapurMasak mengumumkan rencana unutk menghadirkan situs biro jodoh bagi para lelaki jomblo ini.

GantiBaju.com – Ganti nama dan layanan menjadi GantiSempak
Saya tak bisa berkata apa-apa melihat pengumuman yang disebarkan oleh GantiBaju. Sebagai situs yang sudah cukup lama berkutat di bidang fashion, desain, dan budaya, bukan hal yang aneh jika manajemen GantiBaju memutuskan untuk beralih dari situs yang menawarkan beragam kaos dengan desain custom, menjadi situs yang menawarkan pakaian dalam, terlebih jika mempertimbangkan bahwa Aria Rajasa, pimpinan GantiBaju.com, kini menjalankan situs kaos custom lain yaitu Tees.co.id. Mungkin perubahan ini bisa mendorong peran pakaian dalam sebagai fashion statement.

Seperti tahun-tahun sebelumnya kami juga meramaikan perayaan April mop melalui artikel-artikel kami, namun untuk tahun ini kami memutuskan bahwa kami tidak akan menerbitkan berita rekaan. Semoga dua artikelberbahasa Sunda di DailySocial hari ini sempat menghibur Anda, namun jika Anda kesulitan membaca dan mengerti bahasa Sunda, dua artikel tersebut kami terbitkanulang dalam bahasa Indonesia. Selamat April mop!

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter