Startup Brand Agregator “Tjufoo” Umumkan Pendanaan Awal dari TNB Aura

Tjufoo mulai incar brand D2C dari luar negeri yang ingin ekspansi ke Indonesia

Startup brand agregator Tjufoo hari ini (13/7) mengumumkan raihan pendanaan tahap awal dengan nominal dirahasiakan dari TNB Aura, VC asal Singapura. Modal segar ini akan dimanfaatkan Tjufoo mengakselerasi bisnisnya melalui pengembangan direct-to-consumer (D2C) brands di tanah air.

“Tjuffo fokus pada offline brand asli Indonesia, menyediakan modal pertumbuhan utama, dan menyediakan tim yang luar biasa yang dipimpin oleh para co-founder, TJ dan Aldrian Foo, yang membedakan mereka dari yang lain. Kami berharap dapat mendukung digitalisasi gelombang UMKM berikutnya di Indonesia,” ucap Founding Partner TNB Aura Vicknesh R Pillay dalam keterangan resmi.

Sejak berdiri pada awal tahun ini, Tjufoo hadir untuk mendukung kemajuan Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan, dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan, dengan menyediakan akses di dalam ekosistem Tjufoo sesuai kebutuhan brand, meliputi saluran distribusi, riset, platform dana dan analitik, hingga optimalisasi infrastruktur dan rantai pasok. Perusahaan juga bekerja sama dengan pemilik brand untuk memberikan berbagai pilihan exit strategy dan menghasilkan uang dari strategi tersebut.

More Coverage:

Menilik Proposisi Nilai dan Strategi Bisnis USS Networks sebagai Brand Aggregator

“Kami juga menghubungkan para brand dengan sosok-sosok ahli dan berpengalaman dari berbagai perusahaan kenamaan di Indonesia yang dapat memberi masukan strategis hingga kesempatan kerja sama untuk tumbuh bersama-sama. Kami pun berkomitmen dalam menciptakan industri yang lebih inklusif dalam mendukung pemberdayaan perempuan di dunia bisnis,” kata Co-founder dan CEO Tjufoo TJ Tham.

Sejauh ini, perusahaan lokal yang sudah dibantu oleh Tjufoo cukup beragam. Mereka adalah ACMIC, Cypruz, Granova, dan Dew It. Keseluruhan brand ini diklaim dapat tumbuh dua kali lipat dalam waktu kurang dari satu tahun, penjualan online naik 4x lipat dalam waktu kurang dari satu kuartal, menambah lebih dari 1.000 sales points baru, dan membuka akses kepada lebih dari 5 juta pengguna baru.

More Coverage:

Hangry Dikabarkan Galang Pendanaan Lanjutan 205 Miliar Rupiah

TJ menuturkan, pada tahun ini perusahaan menargetkan akan mengakuisisi lebih banyak brand potensial, baik dari dalam dan luar negeri. Untuk brand D2C dari luar negeri yang ingin ekspansi ke tanah air, Tjufoo akan menjadi mitra yang tidak hanya memberi investasi, namun juga keahlian menyeluruh akan strategi bisnis, mulai dari akuisisi, manajemen sumber daya manusia, sampai brand tersebut meluncur di Indonesia.

Inisiasi dukung pemberdayaan perempuan

Dalam kesempatan yang sama, TJ juga mengumumkan kolaborasi dengan Stellar Women, platform berbasis komunitas dari, oleh, dan untuk perempuan guna mencapai potensi diri secara personal dan profesional. Kolaborasi ini dinamakan AKSI Perempuan (Akselerasi Bisnis Perempuan), program inkubasi bagi bisnis yang dirintis perempuan.

Peserta program akan mengikuti pelatihan selama 3-6 bulan dari para praktisi berpengalaman. Di akhir program, akan dipilih hingga 10 bisnis yang akan mendapatkan pendampingan lebih lanjut dari Tjufoo untuk membawa bisnisnya ke level yang lebih tinggi.

More Coverage:

Hangry Memulai Strategi “Brand Aggregator”, Akuisisi Merek Kuliner Lokal

“Kami memahami bahwa perempuan menghadapi banyak hambatan dalam menjalankan bisnis. Selain modal, perempuan juga dihadapkan dengan peran di keluarga, stigma, tekanan sosial, hingga minimnya akses terhadap informasi dan jejaring yang dibutuhkan. [..] Kami harap inisiatif ini dapat menginspirasi banyak perempuan untuk lebih berani dalam memulai bisnis,” tambah Co-founder dan CEO Stellar Women Samira Shihab yang juga menjadi Co-founder dan CEO Tinkerlust.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again