Memulai bisnis sendiri adalah suatu hal yang menarik dan luar biasa. Anda memiliki sebuah ide yang akan membuat perubahan bagi konsumen menjadi jauh lebih baik. Akan tetapi, Anda memiliki segudang pekerjaan rumah yang belum terselesaikan demi mencapai tujuan akhir tersebut.

Dengan membuat sejumlah target prestasi (milestone) yang akan menjadi unik untuk startup Anda dapat membantu menggiring sesuai gol yang Anda harapkan. Pada dasarnya, ada lima jenis prestasi yang perlu dicapai: bisnis, produk, konsumen, pemasaran, dan pribadi. Artikel berikut akan lebih detil menjelaskannya:

Bisnis

Bisnis akan mengatur fondasi dasar bagi segala sesuatu yang Anda lakukan baik pada hari itu dan di masa mendatang. Contoh berikut ini adalah salah satu tugas yang tidak bisa ditunda: membuat badan hukum perusahaan, rekening perusahaan, mendaftar sofware akuntansi, membuat situs, pitch deck, merekrut orang, dan lainnya.

Pitch deck memberikan gambaran singkat dari bisnis Anda untuk dipergunakan saat presentasi di berbagai kesempatan, bertemu mitra bisnis, atau saat merekrut orang baru demi meyakinkan mereka untuk bergabung dengan tim Anda.

Produk

Tanpa produk, Anda tidak akan dapat bekerja menggaet konsumen baru, lebih parahnya tidak ada perputaran uang. Karena tanpa perputaran uang, bisnis Anda akan sangat tipis kemungkinannya untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama. Artinya, memiliki produk yang tepat di tahun pertama memulai startup sangat penting demi menjamin keberlangsungan bisnis Anda.

Setiap kali Anda konsisten menemukan produk baru untuk startup Anda, bisa dikatakan Anda sudah melangkah lebih dekat membuat impian jadi kenyataan. Salah satu contoh pekerjaan dalam menciptakan produk, mulai dari membuat produk prototipe, versi de-bug prototipe, meluncurkan MVP, merilis versi beta privat, beta publik, meluncurkan versi resmi, hingga mengumpulkan masukan dari konsumen tentang produk Anda.

Meninjau semua masukan dari orang lain, dapat membantu Anda dalam menyesuaikan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Hal ini akan membantu Anda jadi sedikit lebih tenang saat meluncurkan produk, tidak lagi fokus pada bug yang belum terselesaikan.

Konsumen

Setelah produk Anda diluncurkan, Anda sudah siap mengalami saat yang paling menarik dalam hidup, yakni menerima pembayaran dari konsumen pertama Anda. Pengalaman ini tidak akan pernah Anda lupakan.

Ketika Anda mulai menghasilkan transaksi, Anda harus fokus pada pencapaian prestasi seperti, menetapkan validasi pasar, berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik, fokus pada pertumbuhan bisnis harian dan bulanan agar Anda dapat membuat proyeksi tren bisnis pada tahun mendatang akan seperti apa.

Pendiri Zemanta Bostjan Spetic bilang mendapat angka penjualan sebesar US$ 1 juta per tahun membuktikan bahwa ada pasar untuk bisnis Anda, sementara US$10 juta membuktikan Anda mampu scale up bisnis, dan US$25 juta menunjukkan bahwa pasar Anda sangat besar.

Sebaiknya Anda jangan terlalu fokus mendapatkan uang US$25 juta terlebih dahulu di tahun pertama. Fokuslah pada penjualan pertama.

Pemasaran

Untuk meraih prestasi di bidang ini, Anda perlu menjalankan sejumlah rencana pemasaran yang cerdas, seperti membuat studi strategi pemasaran startup, membuat daftar email untuk konsumen yang tertarik, mengembangkan kemitraan dengan brand lain, menunjukkan tren pertumbuhan. Pada intinya, rencana bisnis pemasaran harus membantu Anda mengembangkan basis pelanggan.

Pribadi

Terakhir, Anda membuat prestasi untuk diri sendiri sekaligus menilai kemampuan diri sebagai founder. Caranya, dengan mencari mentor yang berpengalaman, mengembangkan keterampilan kepemimpinan, belajar mengelola tim, rajin menabung, mengembangkan kemampuan berbicara di tempat umum, dan membuat jaringan profesional.

Tugas Anda sebagai founder akan berubah dari waktu ke waktu. Anda tidak akan lagi melakukan semua hal sendirian. Transisi dari perintis jadi pemimpin adalah proses yang sangat penting karena Anda tidak bisa menjadi orang yang ahli di segala bidang.

Selain itu, tuntutan waktu juga akan meningkat apalagi jika Anda adalah satu-satunya pembuat keputusan bisnis, memungkingkan terjadinya stres. Oleh karena itu, Anda perlu pahami cara merekrut talenta yang tepat agar dapat membantu bisnis jadi lebih cepat tumbuh.

Luangkan waktu untuk melakukan review

Ketika Anda mulai melepas satu persatu tugas Anda dan meraih beberapa prestasi, pastikan untuk melakukan review. Sebab proses peluncuran startup dan memimpin perusahaan menuju kesuksesan butuh stamina yang kuat. Andaikan seperti sedang lari marathon, bukan sprint.

Akan ada masanya Anda merasa tidak termotivasi, tertekan, dan tidak yakin apakah harus dilanjutkan. Saat masa itu tiba, jawaban dari pertanyaan “Mengapa saya melakukan ini?” menjadi sangat krusial.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.