Jogja Geek Fair 2017 telah selesai diselenggarakan. Acara tahunan di kota Gudeg tersebut tahun ini diramaikan oleh banyak perusahaan digital dan startup, juga beberapa komunitas. Total kurang lebih 3018 geek dan tech enthusiast hadir meramaikan acara ini.

Dari 50 startup yang melakukan showcase berikut enam di antaranya yang tergolong unik dan berbeda.

Wemary

Sesuai namanya Wemary merupakan sebuah portal one stop service khusus untuk pernikahan.  Konsep dari Wemary adalah menyediakan layanan end-to-end dari proses pre-wedding hingga post-wedding, mulai untuk mempersiapkan acara, konsep dan vendor mereka.

Selain itu, Wemary juga memiliki layanan menayangkan secara langsung acara pernikahan di situs web yang dibuat khusus untuk pengantin. Jadi, teman atau keluarga yang tidak hadir bisa melihat langsung acaranya. Wemary sendiri juga sering terlibat dalam kegiatan sosial di Yogyakarta, yaitu “golek garwo” dan nikah masal yang bekerja sama dengan komunitas dan pemerintah setempat.

JuruParkir

Startup berikutnya adalah JuruParkir, aplikasi yang bisa membantu pengelolaan tempat parkir di sebuah lokasi. Dengan aplikasi ini pengelola tempat parkir bisa mengetahui siapa juru parkir yang bertugas dan beberapa transaksi yang terjadi. Setiap tukang parkir yang menggunakan layanan JuruParkir akan mendapatkan printer yang dapat dioperasikan melalui smartphone sehingga mempermudah mereka mencatat kendaraan dan pendapatan mereka.

JuruParkir dikembangkan oleh Tlab, sebuah software house di Yogyakarta. Dan saat ini, mereka fokus bekerja sama dengan pemerintah daerah. JuruParkir juga merupakan finalis dari The Next Dev 2016, besutan program Telkomsel.

Gablind

Startup ketiga yang menarik perhatian adalah Gablind. Startup ini menyediakan layanan Internet of Things (IoT) untuk mempermudah para tuna netra untuk menentukan arah ketika berjalan. Gablind merupakan nama perangkat bantu yang terdiri atas sebuah kacamata dan sepatu canggih yang dipasangi sensor dan terintegrasi dengan board Arduino yang dilengkapi dengan sensor tajam. Saat ini, Gablind masuk dalam inkubasi bisnis Amikom Business Park.

Blumbangreksa (ATNIC)

Startup IoT lainnya yang menarik perhatian adalah Blumbangreksa. Sebuah perangkat pintar yang bisa membantu para peternak udang untuk memonitor keadaan tambang udang 24 jam sehari sehingga mampu mengurangi risiko gagal panen yang merugikan.

Konsep Blumbangreksa ini adalah dengan memasukkan perangkat yang memiliki sensor untuk mengetahui kondisi air di tempat udang berada, dan menghubungkan dengan ponsel pintar. Sensor akan membaca kondisi kolam secara real-time, dan melaporkannya melalui notifikasi aplikasi ponsel dan SMS. Blumbangreksa ini juga merupakan kontestan The ASME Innovation Showcase di India.

JogjaRunning

Jika Anda memiliki hobi berlari maka JogjaRunning mungkin bisa membuat Anda tertarik. JogjaRunning merupakan sebuah portal layanan yang menyediakan rute menarik untuk berlari di wilayah Yogyakarta. Anda bisa memilih area lari seperti kota, alam terbuka, bahkan pegunungan. Selain itu pengguna juga bisa memilih jarak lari, seperti 5 km, 10 km atau marathon.

Angon

Startup ke enam yang unik adalah angon. Angon merupakan kata dari bahasa Jawa yang berarti menggembala. Sesuai dengan namanya aplikasi ini memiliki konsep crowdfunding yang memungkinkan para peternak kambing, domba dan sapi mendapatkan modal dari investor, baik dalam bentuk finansial maupun kandang ternak. Dua hal yang dinilai menjadi salah satu masalah utama peternak di Indonesia. Angon sendiri merupakan hasil inkubasi dari Indigo Creative Nation.

Selain showcase startup, terselenggara juga acara talkshow bersama Larry Chua (Caption Hospitality), Karina Akib (Google Indonesia), dan Erry Punta (Direktur Telkom Indigo Creative Nation) tentang Yogyakarta dan Perkembangan Digital Startup di Indonesia yang dipandu langsung oleh CEO DailySocial Rama Mamuaya.

Di sesi lainnya juga terdapat talkshow dengan tema yang berbeda yang menghadirkan Lanny Wijaya (Linkedin), Teresa (UC News Alibaba Group), Panji Gautama (KUDO Indonesia), Alexander Lukman (Ralali), Syafri Yuzal (AINO), Ghufron Mustaqim (Salestock Indonesia), Rahmad Purwanto (Bank Indonesia), dan Johnathan Tarigan (Balai Sertifikasi Negara).

Disclosure: DailySocial merupakan media partner dari Jogja Geek Fair 2017.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.