Startup Weekend Bandung 2015 Ingin Populerkan Metodologi Startup ke Pelaku Bisnis Non-Digital

Startup Weekend Bandung 2015 Ingin Populerkan Metodologi Startup ke Pelaku Bisnis Non-Digital

Bakal digelar 10-12 April mendatang, ajak creativepreneur, sociopreneur, dan makers untuk berpartisipasi
Startup Weekend Bandung 2015 Ingin Populerkan Metodologi Startup ke Pelaku Bisnis Non-Digital
Startup Weekend Bandung 2015 Ingin Populerkan Metodologi Startup ke Pelaku Bisnis Non-Digital

Startup Weekend Bandung / Startup Weekend Bandung

Startup Weekend kembali hadir. Setelah empat bulan lalu Hubud mengorganisir event Startup Weekend Bali, bulan depan Startup Weekend Bandung akan diadakan di Freenovation Space, tepatnya tanggal 10-12 April 2015. Tidak melulu soal startup yang berbau teknologi, Startup Weekend Bandung kali ini berusaha mendorong berbagai pihak, di berbagai jenis bidang minat, untuk membangun startup-nya sendiri.

Kami berbincang dengan Co-Host Startup Weekend Bandung Adryan Hafizh tentang semangat event kali ini. Menurut Adryan, memang benar kali ini mereka berharap bisa menarik profil peserta yang lebih bervariasi. Ia mengatakan, “Kami ingin mempopulerkan Startup Weekend ke pelaku startup di industri lain juga, terutama creativepreneur, sociopreneur, dan juga makers.”

“Karena kami melihat bahwa ada sedikit gap antara movement startup digital dengan berbagai methodology terbaru ya dan juga movement startup non-digital yang cenderung masih konvensional dan kurang menjadi bagian dari tren ‘startup’ itu sendiri. Padahal methodology dan knowledge yang akan dipraktekkan di acara Startup Weekend Bandung sendiri sangat applicable dengan jenis bisnis apapun,” lanjutnya.

Bandung sendiri, menurut Adryan, sudah terkenal sebagai salah satu pusat pengusaha muda di Indonesia dengan berbagai macam bisnisnya. Ia berharap, “Kami ingin mengajak kalangan wirausaha yang lebih luas untuk juga bisa mengerti dan mempraktekkan methodology startup terbaru di Startup Weekend Bandung nanti.”

Terkait perbedaan Startup Weekend Bandung ketimbang event serupa lainnya, Adryan menyebutkan, “Yang diharapkan berbeda adalah tentu jenis-jenis startup ataupun proyek yang dihasilkan dari event nanti. Kami berharap jenis startupnya nanti akan lebih inovatif, kreatif, dan juga tidak ‘digital-based’ business, tapi juga ‘conventional business’ yang mendapatkan added value dengan sentuhan digital. ”

Adryan berharap event kali ini bisa menarik setidaknya 75 peserta, dengan komposisi  25% mahasiswa, 45% entrepreneurs atau orang yang sudah punya startup, dan 30% lagi orang yang ingin punya startup.

Tentang berapa banyak startup yang diestimasikan benar-benar diwujudkan setelah mengikuti acara ini, Adryan menjawab, “Menurut pengalaman saya mengikuti Startup Weekend dan event-event serupa, biasanya konversi tersebut di sekitar 7-10%. Untuk Startup Weekend Bandung sendiri, kami menargetkan ada minimal 1 startup/proyek yang diseriuskan, karena di sini kami bekerja sama dengan Freenovation yaitu Collaborative Space yang memiliki Makerspace dan Program Inkubatornya sendiri.”

“Kami merencanakan akan ada program lanjutan untuk para alumni acara Startup Weekend Bandung ini,” pungkasnya. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran Startup Weekend Bandung bisa dilakukan di http://bit.ly/swbdg dan http://bit.ly/swbdgticket.

Poster-AICS6-02


Disclosure: DailySocial adalah media partner Startup Weekend Bandung 2015

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Event
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…