Stasiun TV Jepang NHK Siarkan Channel Khusus Berisi Konten 8K

Stasiun TV Jepang NHK Siarkan Channel Khusus Berisi Konten 8K

Baru perkenalan, tapi harapannya Olimpiade 2020 di Tokyo nanti bisa disiarkan dalam format 8K secara penuh
8K mempunyai jumlah pixel 4x lebih banyak dari 4K dan 16x lebih banyak dari full-HD / NHK
8K mempunyai jumlah pixel 4x lebih banyak dari 4K dan 16x lebih banyak dari full-HD / NHK

Ketika video 4K sudah bisa dikonsumsi dan diciptakan dengan mudah menggunakan ponsel, mungkin sudah saatnya dunia menapak ke tahapan baru, yaitu 8K. Di Jepang, stasiun TV NHK sudah siap untuk menyiarkan channel khusus berisi konten video-video 8K untuk umum.

NHK yang awalnya berdiri sebagai stasiun radio ini sebenarnya sudah mengembangkan format 8K sejak lama. Mereka bahkan sempat mendemonstrasikannya di tahun 2002, dimana pada saat itu televisi HD pun masih belum umum dijumpai di rumah konsumen.

Secara teknis 8K merujuk pada resolusi 7680 x 4320 pixel. Jumlah pixel-nya 4x lipat lebih banyak dari 4K, atau 16x lebih banyak jika dibandingkan dengan resolusi full-HD. Jadi bisa dibayangkan sendiri ketajaman gambarnya seperti apa.

Perbandingan ukuran display 8K sampai dengan standard definition (SD) / Wikipedia
Perbandingan ukuran display 8K sampai dengan standard definition (SD) / Wikipedia

Lebih lanjut, format 8K yang NHK sebut dengan istilah “Super Hi-Vision” ini juga mengemas audio surround 22.2 channel. Bukan salah ketik, tetapi suara benar-benar datang dari puluhan titik di sekitar penonton. Besarnya data yang ditransfer selama siaran juga fenomenal, bisa mencapai angka 100 Gbps.

Semua itu harus dilakukan secara real-time. NHK memastikan semua perlengkapan yang mereka gunakan memenuhi standar. Pun demikian, yang belum bisa memenuhi adalah perlengkapan milik konsumen. Atau dengan kata lain, sejauh ini konsumen belum bisa memutar video 8K di rumahnya sendiri.

Untuk itu, NHK sudah menyiapkan jadwal penyiaran di tempat-tempat umum di Jepang. Channel-nya sendiri berisikan perpaduan konten 8K dan 4K, dengan fokus pada topik seni, musik, dokumenter dan olahraga. Ya, NHK memang sengaja meluncurkan channel 8K ini menjelang Olimpiade 2016, dimana harapannya di tahun 2020 nanti mereka bisa benar-benar menyiarkan Olimpiade di Tokyo dalam format 8K secara penuh.

Sumber: PC World dan NHK.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…