1. Startup

StatCounter: Akhirnya Android Kalahkan Nokia Series 40 di Indonesia

Setelah sempat bertahan hingga bulan April yang lalu, menurut data yang dihimpun oleh StatCounter GlobalStats diperoleh informasi bahwa Android memiliki persentase yang lebih baik ketimbang Nokia Series 40 per bulan Mei 2013. Android unggul tipis, dengan selisih kurang dari 1%, meskipun demikian Series 40 mulai menunjukkan tanda perlambatan sementara Android masih melaju.

Baik Android maupun Nokia Series 40 sama-sama mencatatkan angka 28% dari total akses yang dicatat oleh StatCounter, dengan Android sedikit lebih unggul. Melihat tren yang ada, jarak antara kedua platform ini bisa jadi bakal menjadi semakin besar di bulan-bulan mendatang. Symbian (S60) berada di posisi ketiga dengan capaian 19%, sementara BlackBerry mencapai raihan 5%.

Metodologi StatCounter adalah pencatatan melalui situs-situs yang menggunakan StatCounter sebagai tracker statistiknya. Tentu saja angka ini tidak 100% akurat, tapi bisa menggambarkan perilaku pengguna Internet melalui mobile di Indonesia secara umum.

Selain untuk sistem operasi di platform mobile, tren serupa juga menyasar mobile browser. Meskipun Opera (Mini) masih yang paling populer di negara ini, browser dengan identifikasi Android (diasumsikan sebagai stock browser) juga sudah lebih banyak penggunanya dibanding Nokia per bulan Mei ini. Tentu saja angkanya beririsan karena Opera Mini juga dipakai di Android dan Nokia Series 40, tapi tren tentu tidak bohong untuk menggambarkan kondisi nyata di masyarakat saat ini.

Tidak sulit memprediksi bahwa tahun ini Android bakal berjaya di Indonesia dan merebut posisi puncak. Begitu banyaknya smartphone Android dengan harga terjangkau dan spesifikasi cukup canggih membuatnya menjadi pilihan utama bagi mayoritas pengguna smartphone di Indonesia. Cukup disayangkan, platform Windows Phone -- yang didominasi oleh Nokia Lumia -- yang juga berusaha menyasar berbagai segmen pasar masih belum masuk menjadi identitas tersendiri di tracker ini.

[photo: Flickr/etnyk]

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again