5 November 2018

by Bambang Winarso

Statistik Pengapalan Tablet: Samsung dan Apple Turun, Huawei Justru Meningkat

Samsung jadi pabrikan yang paling tergerus oleh agresivitas rival di rentang harga low dan mid

Apple masih menjadi yang terdepan dalam persaingan pasar tablet kendati statistik secara keseluruhan terjadi penurunan yang cukup menghawatirkan. Menurut IDC, pasar tablet di kuartal ketiga 2018 turun sebesar 8,6%. Pengapalan tablet terhitung pada tahun 2018 ini terdapat pengapalan sebanyak 31,6 juta unit atau turun sebesar 7,9% dibandingkan tahun 2017 lalu.

Kondisi yang sama juga dihadapi industri tablet detacable atau tablet dengan keyboard yang bisa dilepas, di mana IDC melihat ada penurunan yang lebih signifikan, yaini sebesar 13,1% dibandingkan tahun lalu atau hanya sebanyak 4,8 juta unit.

Sebagaimana menjadi pembuka di awal, bahwa Apple masih menjadi yang terdepan dengan jumlah pengapalan sebanyak 9,7 juta unit tablet ke seluruh dunia. iPad model terbaru yang mendukung pensil cukup membantu mendorong angka pengapalan tablet Apple tetapi tak mampu menyelamatkan dari penurunan. Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, pengapalan tablet Apple turun sebesar 6,1%.

Penurunan angka pengapalan lebih besar justru dialami oleh Samsung di mana pabrikan asal Korea Selatan itu harus melihat penurunan sebesar 11,4% atau yang terbesar kedua setelah Lenovo yang anjlok hingga 24,5%. Penurunan signifikan yang dirasakan oleh Samsung tampaknya dipengaruhi oleh agresivitas ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan kompetitor di rentang harga low-range ke mid-range. Pasalnya Amazon yang agresif di level itu justru mencatatkan statistik apik dengan jumlah pengapalan sebanyak 4,4 juta unit kendati masih berada di garis negatif namun hanya sebesar 0,4%, terendah dari di antara semua pabrikan.

Satu-satunya perusahaan yang justru mencatatkan pertumbuhan positif adalah Huawei yang berhasil mengapalkan sebanyak 3,2 juta unit tablet atau naik 7,1% dari tahun sebelumnya dan menguasai 8,9% pangsa pasar tablet di dunia.

Sumber berita IDC dan gambar header Dmpnews.