10 June 2014

by Yoga Wisesa

Steam Machines Alienware Alpha Akan Segera Tersedia, Ditawarkan Dengan Harga Murah

Sebagian dari khalayak mungkin skeptis saat General Manager Alienware Frank Azor menjelaskan bagaimana Steam Machines besutan mereka akan dibanderol dengan harga yang murah. Berita baiknya, hal tersebut bukanlah sekedar rencana. Diusung dengan nama Alienware Alpha, Steam Machine ini ditawarkan hanya seharga US$ 550.

Untuk sebuah produk buatan Alienware, US$ 550 bukanlah harga yang normal. Apakah mereka berkompromi dalam hardware dan performa? Kita tahu satu hal yang membuat console unggul dibandingkan PC adalah bagaimana sang produsen mengoptimalisasi hardware yang sudah ada untuk menjalankan satu fungsi: gaming. Walaupun berbasis pada hardware PC yang bisa di-upgrade dan dikustomisasi, optimalisasi juga menjadi perhatian utama proyek Steam Machines.

Varian entry-level Alienware Alpha akan dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i3 Haswell, memori RAM DDR3 sebesar 4GB berkecepatan 1600MHz, dan sebuah GPU kustom besutan Nvidia berbasis dari mikroarsitektur Maxwell. Itu berarti ia memiliki kesamaan performa grafis dengan notebook modern ber-GPU Nvidia, setidaknya mereka yang menggunakan versi GeForce GTX 860M ke bawah.

 

Info menarik: Valve Akhirnya Memamerkan 13 Varian Steam Machines, Lengkap Dengan Spek dan Harga

 

Alpha juga memiliki konektivitas yang lengkap. Anda mendapatkan port HDMI, sepasang port USB 2.0 di bagian depan dan sepasang lagi port USB 3.0 di belakang. Alienware memastikan bahwa Anda dapat meng-upgrade komponen CPU, penyimpanan dan juga RAM. Sayangnya karena menggunakan kartu grafis kustom, Anda tidak bisa menggantinya.

Jadi apa saja yang Alienware Alpha tawarkan? Ini dia spesifikasi lengkapnya:

  • User interface eksklusif Console Mode Alienware Alpha
  • Controller wireless Xbox 360 berwarna hitam
  • Prosesor Intel Core i3 berbasis Haswell
  • Memori DDR3 4GB berkecepatan 1600MHz
  • Wireless-AC dual-band dengan Bluetooth 4.0
  • HDMI In dan Out
  • Ethernet Gigabit
  • 2x USB 3.0, 2x USB 2.0
  • Optical Audio out
  • Hard disk SATA 3 500GB
  • Sistem operasi Windows 8.1 64-bit

Untuk Anda yang tidak keberatan mengeluarkan uang lebih banyak, Anda juga bisa memilih varian dengan chip Haswell Intel Core i5 atau i7, meng-upgrade RAM ke 8GB, atau menambahkan kapasitas hard disk hingga 1 atau 2 terabyte.

 

Info menarik: Alienware: Steam Machine Buatan Kami Bisa Di-Upgrade

 

Beberapa saat lalu kita mendengar bahwa Valve menunda tanggal rilis Steam Controller ke awal 2015. Banyak orang berasumsi bahwa dengan begitu, kemungkinan besar peluncuran Steam Machines juga akan ditunda. Berita baiknya Steam Machines Alienware Alpha akan tersedia dalam waktu dekat. "Pada musim liburan," begitu ungkap Alienware.

Perlu diingat, walaupun akan dipasarkan dengan controller Xbox 360, Alienware Alpha tidak dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Pemilihan periferal tersebut adalah tugas Anda, sang gamer...