Game

Steam Pecahkan Rekor Baru, Diakses Oleh 17,6 Juta User Bersama-sama

Lalu terhitung ada 6.813.617 orang menikmati permainan di Steam secara serempak.

Di tahun ini, sebuah revolusi besar tengah terjadi di layanan distribusi digital Steam. Belum lama, satu pendatang baru berhasil menumbangkan Dota 2 buatan Valve sebagai game terpopuler di platform tersebut. Dan tidak tanggung-tanggung, permainan berjudul PlayerUnknown's Battleground itu terus-menerus menjadi game dengan jumlah pemain paling banyak.

PUBG ternyata jadi salah satu pendorong besar peningkatan jumlah user Steam. Di bulan Oktober silam, total pengguna concurrent di layanan distribusi terbesar di dunia itu melampaui batasan 16 juta orang. Lalu program promo Black Friday - atau tepatnya Steam Autumn Sale - yang dimulai beberapa hari lalu mendongrak angkanya lebih tinggi lagi. Di akhir minggu lalu, ada 17 juta user  mem-browsing Steam secara serempak, dan hampir tujuh juta dari mereka bermain bersama-sama.

Berdasarkan data yang ditangkap oleh situs SteamDB, sebanyak 17.683.804 user mengakses Steam secara berbarengan dan terhitung ada 6.813.617 orang menikmati permainan di sana bersama-sama. Golongan terakhir itu tak cuma sekedar menjelajahi Steam, tapi juga aktif bermain di dalam game.

Dari total hampir tujuh juta orang itu, hampir separuhnya adalah pemain PlayerUnknown's Battleground, tepatnya di 2.940.359. Di urutan kedua ada permainan Dota 2 dengan 1,2 juta gamer concurrent, kemudian Counter-Strike: Global Offensive mengamankan urutan ketiga di 850 ribu gamer. PCGamesN memprediksi bahwa jumlah pemain PUBG akan menjulang melewati tiga juta player saat versi retail game tersebut dilepas pada bulan Desember 2017.

Sayangnya, jumlah dari seluruh akun Steam belum bisa diketahui, karena tentu saja ada akun yang sudah lama tidak dipakai, serta ada pula beberapa akun baru milik individu yang sama. Tiga tahun silam, Valve Corp. sempat mengumumkan bahwa mereka berhasil merangkul 75 juta pengguna Steam. Kemudian di tahun 2015, angka akun aktif Steam kabarnya mencapai 125 juta orang. Meski belum ada bukti konkret, kemungkinan besar hampir semua gamer PC telah mendaftarkan diri jadi pengguna Steam.

Dan bersumber pada laporan Digital Trends di bulan Mei 2017, kabarnya tidak kurang dari 25 juta pelanggan Steam telah memiliki sistem gaming yang siap menangani konten virtual reality - naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Steam Autumn Sale saat ini masih berjalan, dan akan berlangsung hingga tanggal 29 November besok. Dan seperti di tahun lalu, Valve juga kembali menggelar The Steam Awards. Panitia lagi-lagi menyiapkan kategori-kategori penghargaan yang unik, dan mempersilakan Anda menentukan langsung para pemenangnya.

Via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter