Ada saran yang selalu saya ucapkan berulang-ulang ke rekan sesama gamer: jangan pre-order seperti apapun janji manis developer; dan jika modal saat ini pas-pasan, jangan buru-buru membeli karena promo diskon di Steam bisa pasti dilakukan tiap musim. Dan lima bulan setelah sale musim dingin dilangsungkan, Valve resmi menggelar Steam Winter Sale.

Event kali ini mengusung tajuk Spring Cleaning Event, dan dalam waktu lima hari, Valve memangkas harga sejumlah game dengan potongan hingga 80 persen. Program sale itu dimulai kemarin dan berlangsung sampai tanggal 28 Mei nanti. Menariknya, penyajian Spring Cleaning Event mengusung metode yang betul-betul berbeda. Valve tak mau Anda cuma menumpuk permainan, namun juga mendorong kita buat memainkannya.

Sesuai namanya, lewat Spring Cleaning Event, Valve ingin user menikmati game-game yang tidak pernah tersentuh di library Steam serta mencoba judul-judul baru. Aktivitas di sana sedikit lebih rumit dibanding sekadar melewati Discovery Queue begitu saja. Anda betul-betul harus memainkan sesuatu demi memperoleh badge dan trofi dengan menyelesaikan Daily Tasks atau Projects. Misalnya: menikmati game A selama dua jam atau judul-judul yang Anda beli dalam enam bulan ke belakang.

Daily Tasks sendiri terbagi dalam beberapa tantangan berbeda yang bisa dikerjakan tiap hari untuk memperoleh trofi. Anda dapat mulai membersihkan backlog, atau misalnya bingung mulai dari mana, Valve akan memilihkan judul-judul permainan koleksi Anda secara acak. Masih bingung atau koleksi library Anda kurang banyak? Valve sudah menyiapkan tidak kurang dari sembilan game gratis yang bisa diakses selama Spring Cleaning Event 2018 berlangsung.

Mereka adalah: Dead by Daylight, City Skylines, Don’t Starve Together, Dirt 4, Left 4 Dead 2, Tyranny, Borderlands 2, Middle-earth: Shadow of Mordor serta Castle Crashers.

Dan jangan khawatir jika Anda terlalu malas atau sibuk untuk melakukan segala aktivitas ini. Saya juga telah memilihkan sejumlah game (lumayan) baru atau edisi spesial yang ditawarkan di harga atraktif. Ini dia:

  • Ancestors Legacy: (-10%) Rp 170.999
  • Assassin’s Creed Origins: (-75%) Rp 413.400
  • Cities Skylines Collection: (-47%) Rp 417.224
  • Crypt of the NecroDancer: (-80%) Rp 23.199
  • Dead by Daylight: (-50%) Rp 67.999
  • Northgard: (-33%) Rp 93.799
  • South Park: The Fractured But Whole: (-50%) Rp 344.500
  • Space Hulk: Deathwing – Enhanced Edition: (-20%) Rp 263.200
  • Stellaris: (-60%) Rp 107.999

Anda dapat mem-browsing game-game yang memperoleh diskon di Steam dengan mengunjungi page  Special Offers. Siapa tahu, judul yang Anda inginkan muncul di sana. Harga beberapa permainan memang sangat menggoda, tapi sedikit saran dari saya, jangan habiskan seluruh tunjangan hari raya Anda untuk belanja game

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.