Categories

Gadget

Steam Siap Mendukung Nintendo Switch Pro Controller

Bisa segera Anda coba dengan berpartisipasi dalam program Steam Client Beta.

Yoga Wisesa - 3 May 2018

Dengan memilih PC sebagai medium untuk menikmati permainan video, Anda mendapatkan akses ke beragam jenis sistem kendali. Selain kombinasi keyboard dan mouse, kita bisa menggunakan gamepad buatan berbagai produsen, termasuk controller Xbox One hingga DualShock 4. Dan kali ini, periferal kreasi Nintendo masuk dalam daftar controller yang resmi kompatibel ke PC.

Lewat blognya, Valve mengumumkan bahwa Steam siap mendukung perangkat Nintendo Switch Pro Controller. Fitur ini hadir di versi beta client, dan bisa Anda segera coba jika mempunyai gamepad tersebut. Sebetulnya Switch Pro Controller sudah bisa tersambung ke Windows berkat konektivitas Bluetooth, tapi ia membutuhkan aplikasi third-party agar seluruh fungsinya bekerja - mirip DualShock 4.

Menurut Valve, Switch Pro Controller sangat pas buat menunjang banyak permainan di Steam. Bagian directional pad-nya sangat ideal untuk mengendalikan game-game fighting dan platformer, lalu kehadiran gyroscope sangat membantu meningkatkan keakuratan bidikan ketika menikmati permainan first-person shooter ataupun action secara umum. Namun mungkin, absennya tombol pelatuk analog menjadi keluhan sejumlah pengguna.

Switch Pro Controller mempunyai sejumlah kesamaan desain dengan gamepad Xbox One. Tubuhnya tergolong tebal dan sudut-sudut pada lekukannya lebih tajam dibanding controller Xbox. Di sana, Nintendo membubuhkan sepasang thumb stick yang ditempatkan secara asimetris, dan hanya posisi tombol action A-B-X-Y saja yang terbalik. Padahal andai peletakannya sama, gamer bisa menghemat waktu dalam beradaptasi dari perangkat Microsoft itu ke milik Nintendo.

Steam telah menyiapkan panduan lengkap agar Anda bisa segera menggunakan Switch Pro Controller di PC. Pertama-tama, Anda harus berpartisipasi dalam program Steam Client Beta dan mengaktifkan 'Nintendo Switch Configuration Support' di menu Controller Setting. Dengan mencentang boks tersebut, Anda bisa menciptakan, berbagi, serta mem-browsing konfigurasi Switch Pro Controller berdasarkan permainan.

Di bagian Controller Setting, Anda juga bisa menemukan opsi 'Use Nintendo Button Layout'. Gunanya adalah buat menukar fungsi tombol A/B dan X/Y jika Anda lebih menyukai setting Steam Controller atau gamepad Xbox. Dan berkat dukungan Steam, fitur gyroscope di Switch Pro Controller jadi bekerja sempurna. Begitu tersambung, sensor ini memang segera beroperasi, namun Valve menyarankan kita untuk terlebih dulu melakukan kalibrasi agar jadi lebih presisi.

Nintendo Switch Pro Controller dapat dibeli terpisah seharga US$ 70 (entah mengapa versi standarnya sulit ditemukan di Indonesia, kebanyakan adalah edisi terbatas). Tapi jika Anda lebih memprioritaskan kenyamanan pemakaian, saya lebih menyarankan controller Xbox One karena bisa kompatibel ke Windows tanpa software, kecuali Anda sudah mempunyai console Switch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter